Sab. Sep 19th, 2020

Imigrasi Kotabaru Peringatkan TKA Ilegal

2 min read

rakor timpora dan Imigrasi di Kotabaru, Selasa (12/12/2017). Redkal.com

KabarKalimantan, Kotabaru – Kantor Imigrasi melaksanakan rapat koordinasi bersama Timpora Kabupaten Kotabaru. Raakor ini bermaksud tukar informasi dan data perihal keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Kotabaru. Dalam rakor, Imigrasi memperingatkan perusahaan dan TKA agar mematuhi aturan saat bekerja di Kotabaru.

Kepala Subseksi Pengawasan Keimigrasian Kotabaru, Tedy Wibisono, mengatakan ada 16 tenaga kerja asing yang terdata di Kotabaru dan bekerja untuk wilayah Kabupaten Kotabaru. Mereka bekerja di sejumlah perusahaan besar batu bara dan perkebunan sawit, seperti Silo, Smart, Golden Hope, ITP Tarjun dan masih ada beberapa korporasi kakap lain.

Tedy memastikan semua orang asing yang berada di perusahaan tersebut mengantongi ijin kerja resmi dan sudah menggunakan Kitas. “Jadi mereka semuanya sudah memiliki ijin yang resmi. Sedangkan jangka waktu minimal 6 bulan, ada juga 12 bulan tergantung Dinas Depnakers dan pemerintah pusat memberikan tenggang waktunya berapa lama,” ujar Tedy saat rakor di Grand Surya, Selasa (12/12/2017).

Baca Juga :   Tim Gabungan Belum Temukan Lagi Korban Kapal Karam

Enam bulan setelah bekerja, Tedy menyerahkan sepenuhnya pada perusahaan apakah memperpanjang izin kerja atau tidak. Pihaknya rutin memeriksa izin para TKA tersebut. Tedy juga kerap menggandeng instansi teknis lain dalam pengawasan TKA di Kotabaru. Pemeriksaan ini untuk mengantisipasi TKA ilegal karena tidak mempunyai identitas dan izin lengkap saat bekerja di Kabupaten Kotabaru.

Ia tak segan menindak tegas terhadap TKA ilegal. Tedy akan mendeportasi ke daerah asal TKA bila ditemukan tanpa izin resmi. “Sedangkan untuk tenaga kerja asing yang surat ijinnya sudah habis, akan kami ambil tindakan yang tegas, dan kami akan lakukan koordinasi dengan pihak perusahaan bagaimana cara memulangkan tenaga asingnya,” jelas Tedy.

ARDIANSYAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.