Menu

Mode Gelap

Opini · 15 Mar 2017 08:20 WIB ·

Industri Kreatif di Kalsel Harus Didorong


 Industri Kreatif di Kalsel Harus Didorong Perbesar

PERSAINGAN usaha di era sekarang ini semakin ketat. Jumlah pengangguran semakin banyak, di sisi lain daya serap tenaga kerja juga kian sedikit. Oleh karena itu sektor ekonomi kreatif perlu dikembangkan. Terutama di Kalimantan Selatan.

Apa itu ekonomi kreatif? John Howkins dalam bukunya The Creative Economy: How People Make Money from Ideas menjelaskan tentang ekonomi kreatif.

John Howkins mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai the creation of value as a result of idea. Yaitu kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide. 

Baca Juga :   Berani Bersikap

Tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan.

Dalam cetak biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015, ekonomi kreatif didefinisikan sebagai era baru ekonomi setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas. Dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Salah satu solusi mengurangi tinggkat pengangguran, salah satunya adalah dengan memunculkan para wirausahawan baru. Melalui ekonomi kreatif hal itu bisa dilakukan. Berbagai ide dan konsep bisa dituangkan menjadi sebuah usaha mandiri.

Baca Juga :   Ironi APBD Pro Rakyat

Sehingga tak melulu bergantung menjadi pencari kerja. Namun menjadi pencipta lapangan pekerjaan. Hal ini harus dipahami betul, agar dalam menentukan kebijakan juga memperhatikan masalah ini.

Di Kalimantan Selatan misalnya, kelesuan industri sektor perkebunan dan tambang mengakibatkan banyaknya tenaga kerja menganggur beberapa waktu lalu. Sehingga industri kreatif bisa menjadi salah satu solusi untuk hal ini.

Baca Juga :   Sudahkah Kalsel Bersiap Hadapi Bonus Demografi?

Jadi tak ada salahnya, jika pemerintah daerah, mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota lebih fokus membantu dan mendorong perkembangan ekonomi kreatif. Salah satunya dalam hal permodalan dan sarana penunjang seperti pelatihan dan kegiatan yang berhubungan.

Sudah saatnya kita mulai beralih dari ketergantungan dengan industri tambang dan perkebunan. Industri kreatif di masa yang akan datang mempunyai potensi ekonomi luar biasa. Salah satunya adalah mengurangi tinggkat pengangguran.

Redaksi

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peringatan Hari Kartini bagi Pengawas Pemilu Perempuan

20 April 2021 - 20:12 WIB

Akibat Perbedaan Sebutan Kepala dengan Ketua Berpotensi Memunculkan Konflik

9 April 2021 - 15:37 WIB

Tiada Pertunjukan Bagus bagi Sutradara Arogan

9 Oktober 2019 - 12:48 WIB

Drama Satir Aktor-Aktor Realis

3 Agustus 2019 - 14:20 WIB

Pulau Terbesar di Indonesia Harus Punya Menteri

10 Juli 2019 - 21:57 WIB

Riset Tanggung Pentas Datu Abulung

4 November 2018 - 19:39 WIB

Trending di Opini