Inginkan Ekonomi Kreatif Kian Melesat Melalui Bazar UMKM

KabarKalimantan, Banjarbaru – Pemerintah Kota Banjarbaru tampaknya sangat gigih dalam pembinaan dan dukungan terhadap industri kreatif, baik skala mikro layaknya UMKM sampai usaha kecil menengah.

Sebagaimana pergelaran Bazar UMKM yang bertajuk Food Fashion And Fun telah resmi dibuka langsung oleh Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, kemarin.

Banyak produk lokal yang digelar mulai dari kuliner, pakaian, kriya, kerajinan tangan, dan usaha kreatif lainnya.

Jaya menyebutkan, bazar UMKM yang merupakan bukti nyata dukungan Pemko Banjarbaru terhadap indsutri UMKM yang tengah tumbuh dan memebsar. Apalagi, Banjarbaru mempunyai banyak produk lokal yang bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

“kegiatan bazar UMKM ini berkolektif dengan LPTQ Kota Banjarbaru bersamaan dengan MTQ Nasional tingkat Kota Banjarbaru. Alhamdulillah tahun kemarin meriah, kita mengharapkan gelaran tahun ini lebih meriah lagi,” katanya.

Dikatakannya, kerjasama dan kolabaorasi badan ekonomi kreatif harus terus ditingkatkan. Terlebih lagi dampak positif untuk memajukan ekonomi serta informasi.

Baca Juga :   Telkomsel Dukung ‘Visit Wonderful Indonesia 2018’

“Saya bersama walikota lebih senang menyebut para pelaku pelaku UMKM dengan sebutan pelaku ekonomi kreatif. Karena kita ketahui bersama, UMKM hanyalah klasifikasi sekmentasi usaha, kalau namanya pengusaha mikro itu adalah maksimal omzet Rp 50 juta, kemudian usaha kecil Rp 50 juta-500 juta, kemudian menengah Rp 500 juta-Rp 10 miliar,” bebernya.

Ia berharap, kegiatan bazar terus berkesinambungan menjadi branding yang kuat dan fokus terhadap tumbuh kembang kreatifitas tersebut.

Sekadar diketahui, Banjarbaru terus mengusung Kota 3F yakni Food, Fashion, Fun seiring dengan data pertumbuhan yang kian tumbuh di tiga bidang tersebut. Menjadi ungggulan dan bahkan menjadi penopang perekonomian di Indonesia secara umum.

Bazar UMKM juga dijadikan sebagai perayaan puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXVI sebagai bagian kalender event Kota Banjarbaru yakni Ethno Festival. Selain bertransaksi dan membeli produk asli lokal masyarakat diharapkan bisa terhibur dengan sejumlah pergelaran budaya.

Baca Juga :   Berikan Dua Teknologi Baru, Panasonic Meyakini Mampu Perbaharui Gaya Hidup Masyarakat

Sedikitnya terdata 158 orang pelaku usaha di Kota Banjarbaru yang andil memeriahkan event tahunan tersebut. Beberapa anak-anak disabilitas yang hasil karya kreatifnya juga dipamerkan dan dijual dalam gelaran itu. Produk yang ditampilkan di antaranya, tas, pakaian, tikar, kerajinan tangan, olahan makanan, sasirangan bordir serta kriya berbahan purun.

Reporter: Ananda

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here