Jum. Jul 3rd, 2020

Ini Bentuk Kepedulian H Supian terhadap Kesehatan Wartawan Saat Melakukan Peliputan

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Bukannya menentang anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah selama masa pandemi Covid-19, para wartawan dihadapkan dengan kewajiban bekerja di lapangan melakukan peliputan untuk bahan pemberitaan.

Tentunya, keharusan tersebut membuat para wartawan sangat rentan terpapar virus corona. Bahkan, sudah ada beberapa awak media dinyatakan terpapar virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Untuk memberikan rasa aman bagi para wartawan di banua dari paparan virus corona saat melakukan peliputan dan berinteraksi dengan banyak orang di lapangan, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Supian HK memberikan perhatian.

Secara pribadi, H Supian HK memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) berupa hazmat suit, masker dan hand sanitizer kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel yang kemudian nantinya dibagikan kepada para awak median yang jadi anggotanya.

Bantuan tersebut diserahkan langsung H Supian HK kepada Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie di Aula Gedung PWI Kalsel, Jalan Pangeran Hidayatullah, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Sabtu (30/5/2020).

“Kepada kawan-kawan wartawan yang melakukan peliputan, harus selalu jaga jarak, dan selalu menggunakan masker,” pesan H Supian.

Ia berharap, dengan adanya APD ini rekan-rekan wartawan bisa menerapkan protokol kesehatan dalam bekerja. Karena para wartawan juga merupakan garda terdepan dalam menyampaikan segala sesuatu terkait informasi Covid-19 yang tidak diketahui masyarakat.

“Kita harus saling satu menyatukan, selalu membuat berita yang seimbang, dan membuat berita tidak ke mana-mana tetapi ada di mana-mana. Itu lah yang membuat insan pers profesional. Kalau ada kesalahan tolong angkat beritanya, tolong berikan koreksi dan berikan masukan,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Supian juga menerangkan, pemberian bantuan tersebut juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Sebab menurutnya, ia juga merupakan bagian dari masyarakat yang mengemban amanah dan harapan banyak masyarakat.

“Saya di sini mewakili kawan-kawan anggota DPRD Kalsel terus mencoba memberikan rasa aman bagi masyarakat, karena saya ada di sini untuk rakyat. Seperti moto yang saya inovasikan sendiri, yaitu dari rakyat untuk rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie menyampaikan terimakasih atas bantuan APD yang diberikan Ketua DPRD Kalsel tersebut. Menurutnya, bantuan ini sangat tepat karena sesuai dengan surat edaran Dewan Pers, maupun PWI pusat bahwa wartawan peliput di lapangan harus mementingkan kesehatan terlebih dulu, baru pemberitaan.

“Hari ini kita mendapatkan dukungan luar biasa dari Ketua DPRD Provinsi Kalsel. Walaupun sebelumnya kami juga sudah membagikan masker dan hand sanitizer, tapi tidak mencukupi karena anggota kita lebih dari 400 orang. Mudah-mudahan bantuan ini cukup untuk dibagikan kepada anggota kita,” ucapnya.

Reporter: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.