Ini Hal yang Perlu Diketahui dan Dilakukan Orangtua untuk Menghindarkan Anak dari Bahaya Narkoba

34

KabarKalimantan, Banjarmasin – Bandar narkoba semakin merajalela. Pangsa pasarnya tak lagi hanya kalangan orang dewasa. Tetapi menyasar ke anak-anak hingga remaja. Parahnya lagi, peredarannya sekarang tak hanya di kota-kota. Tetapi, sudah merambah hingga ke pelosok desa.

Banyaknya pengguna narkoba di kalangan anak-anak yang masih belia, bisa diakibatkan pengaruh lingkungannya. Bahkan, lemahnya pengawasan orangtua bisa juga jadi salah satu penyebabnya.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalsel H Ipansyah, ada empat hal yang harus diketahui dan dilakukan orangtua untuk menghindarkan anaknya dari jerat narkoba.

Pertama, ujar Ipansyah, orangtua harus menjalin komunikasi sehat dengan anaknya. “Komunikasi jangan sampai terputus. Biasakan terbuka dengan anak tanpa ada jarak. Sehingga jika anak bermasalah atau tertekan, mereka tak mencari pelarian ke luar rumah,” jelasnya kepada Redkal.com, Jumat (18/10/2019).

Baca Juga :   BNNP Kalsel Gelar Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba bagi Instansi Swasta

Kedua, lanjut Ipansyah, orangtua harus secara intens memberikan pemahaman kepada anaknya akan bahaya narkoba. “Memberikan pemahaman akan bahanya narkoba bisa dilakukan melalui hal ringan, bisa saat sambil makan, sambil ngobrol, atau saat berhadapan langsung dengan kejadian yang menyangkut narkoba. Kasarnya, kita mendoktrin anak agar takut akan bahaya narkoba dan menghindarinya,” katanya.

Kemudian, lebih jauh dijelaskan Ipansyah, orangtua harus mengajarkan pendidikan agama untuk memperkuat pondasi dirinya. “Ajarkan agama kepada anak, bukan hanya kulitnya. Berikan anak pemahaman tentang mana yang halal dan mana yang haram. Sehingga mereka tahu, kalua narkoba itu merupakan suatu yang haram yang dilarang agama dan Allah SWT,” tegasnya.

Terakhir, kata Ipansyah, yang perlu disadari orangtua ialah jangan sekali-kali mengekang kegiatan anak, sepanjang itu hal yang positif. Jika anak senang berolahraga, dukung saja. Jadi, saat berolahraga itu mereka tak akan ada waktu untuk berkegiatan lain seperti mencoba-coba narkoba.

Baca Juga :   Polda Kalsel Musnahkan Narkotika Pesanan dari Lapas

“Meski pun tak mengekang mereka, tapi kita tetap harus memberikan pengawasan. Kita harus tahu, dengan siapa dan di lingkungan mana mereka bergaul. Dorong mereka agar berteman dengan anak yang sehat dalam artian pola pikir dan tingkah lakunya,” terangnya.

Nah, begitu pentingnya peran orangtua sebagai benteng untuk mencegah anak agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Ayo!!! Lindungi anak kita dari kejamnya narkoba.

Reporter: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here