Sab. Jan 16th, 2021

Ini Saran Wakil Rakyat Kalsel untuk Antisipasi Kelangkaan Gas Elpiji 3 KG

1 min read

BANJARMASIN, KK – Ismail Hidayat, anggota Komisi III DPRD Kalsel menyarankan pembelian gas Elpiji tiga kilogram di Kalsel mengunakan kartu khusus.

“Sistem kartu tersebut salah satu upaya pengawasan penyaluran gas Elpiji yang semestinya hak masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah atau miskin,” ujarnya di Banjarmasin, Jumat (24/2/2017).

Hal ini disampaikannya setelah mengetahui kelangkaan tabung gas Elpiji ukuran tiga kilogram yang saat ini melanda masyarakat, khususnya di Kalsel. Menurutnya kelangkaan ini terjadi akibat tidak tepatnya distribusi.

Berkaitan sistem pembelian mengunakan kartu tersebut dia menyarankan, PT Pertamina berkerja sama dengan pihak terkait. Misalnya kelurahan atau perangkat desa dalam pendataan dan Pertamina yang menerbitkan kartu.

Mengenai kelangkaan gas Elpiji tiga kilogram beberapa hari belakangan ini, Hidayat menyarankan Pertamina selaku operator pemerintah dalam pelayanan minyak dan gas (migas) harus melakukan antisipasi dini.

“Kan yang namanya musim gelombang tinggi atau besar mungkin bisa diperkirakan lebih awal, sehingga dapat menambah persediaan Elpiji tiga kilogram lebih banyak lagi dari hari-hari biasa ketika dalam keadaan normal,” tuturnya.

Dia pun menyarankan Pertamina bekerjasama dengan Badan Meterologi Kalimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memantau keadaan cuaca.

“Jadi sebenarnya tidak ada alasan kelangkaan Elpiji tiga kilogram kalau Pertamina bekerja dengan benar,” jelasnya.

Sebelumnya pada saat demo yang dilakukan mahasiswa di kantor Pertamina Banjarmasin, Aditia, Sales Representatif PT Pertamina Area Banjarmasin menjelaskan, faktor utama yang mengakibatkan kelangkaan di berbagai wilayah adalah cuaca buruk dan gelombang tinggi. bbe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.