Ini yang Dilakukan Pemkab Tanbu dalam Menekan Angka Stunting

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu meraih gelar sebagai peringkat satu se-Kalimantan Selatan dalam hal pencehagan stunting.

Keberhasilan dalam menekan angka stunting tersebut rupanya tak lepas dari peran Sekretaris Daerah Tanah Bumbu H Rosswandi Salem.

Ia telah menggerakkan 10 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk bekerja secara maksimal dalam menanganinya. Selain itu, ada juga kucuran dana yang digelontorkan untuk seluruh desa dalam setiap tahunnya.

Meski pun menyandang predikat sebagai yang terbaik, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu tak sedikitpun merasa puas. Tim pemberantas stunting tersebut terus meningkatkan kinerjanya.

“Kucuran dana APBD untuk setiap desa itu dimaksudkan agar penekanan angka stunting bisa lebih efektif,” kata Rooswandi yang merupakan Ketua Tim Koordinasi Pencegahan Kasus Stunting, Jumat (30/8/2019).

Kinerja Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam menekan angka stunting bisa dikatakan sangat cepat. Pasalnya, pada 2015 lalu kabupaten berjuluk Bumi Bersujud ini disebut daerah yang mempunyai kasus stunting tertinggi di Kalsel.

Ia berharap, kerja tim SKPD terkait harus benar-benar terpetakan dengan baik, sehingga program kerja yang sudah tersusun bisa terlaksana dengan baik pula.

“Kasus stunting yang menyelimuti daerah harus ditangani dengan serius, karena ini merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk menuntaskannya,” jelasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here