Inovasi Baru, JNE Dukung Pertumbuhan UKM Kalsel

KabarKalimantan, Banjarmasin – Setelah sukses di Kota Bandung dan Padang, kali ini JNE yang menggandeng Kompasiana kembali menggelar kopiwriting dengan mengangkat tema “UKM Lokal di Pasar Digital” di Eatboss Banjarmasin, Kamis (22/8/2019).

Kegiatan JNE Kopiwriting di Kota Banjarmasin ini merupakan kegiatan ketiga. Selanjutnya, Kopiwriting juga akan digelar di kota Malang, Yogyakarta, dan Cirebon.

Khusus di Kalimantan Selatan, JNE Banjarmasin memiliki inovasi yang dihadirkan untuk membantu pelaku UKM untuk berkembang. Salah satunya dengan memberikan edukasi bagi para pelaku UKM untuk menjadi vendor Pesanan Oleh-oleh Nusantara (Pesona) JNE agar produk UKM lokal dapat dipromosikan lebih luas ke seluruh Indonesia.

Hal ini pun juga akan didukung dengan JNE Trucking (JTR) yang merupakan layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk dengan harga yang kompetitif, serta pelatihan gratis seputar strategi digital marketing, packaging, dan sebagainya untuk para pelaku UKM.

“Kalau di Kalsel peningkatan UKM sangat signifikan. Dari sisi pengiriman JNE, tercatat hampir 15 persen itu dari UKM. Makanya kami berkomitmen akan membantu para UKM di Kalsel agar dapat berkembang dan bisa go Internasional,” ujar Pimpinan Cabang JNE Banjarmasin Depi Hariyanto.

Menurut Depi Hariyanto, Banjarmasin merupakan salah satu daerah yang berpotensi sebagai gerbang perekonomian nasional. Dari data Dinas Koperasi dan UKM Banjarmasin, kota ini juga telah memiliki lebih dari 2000 UKM yang didominasi sektor kuliner.

“Pengiriman produk dari UKM melalui JNE yang menjadi favorit yaitu dari olahan makanan. Termasuk beberapa produk kerajinan lokal khas Kalse lainnya, seperti Lampit dan kerajinan yang terbuat dari eceng gondok,” jelas Depi Hariyanto.

Sementara itu, salah satu pemilik UKM yang sukses mengembangkan usaha di pasar digital, Sambal Acan Raja Banjar, Aulia Abdi menjelaskan, langkah awal pemasaran produk sambal ini memang melalui media online. Selain berbagi foto, media ini dapat digunakan untuk menginformasikan produk dengan deskripsi yang lebih lengkap, sehingga masyarakat tertarik untuk membeli.

Diakui Aulia, dari sana pihaknya mendapatkan konsumen baru dan juga mempertahankan konsumen lama. “Kami juga ikut serta dalam program Pesona JNE dan produk kami menjadi salah satu produk unggulan di Kalsel. Kami pun sangat terbantu dengan adanya Pesona JNE tersebut,” ungkapnya.

Selain menyelenggarakan JNE Kopiwriting di 6 kota, JNE dan Kompasiana juga mengadakan JNE Journalist Competition 2019. Mulai 19 Juli sampai 13 September 2019 dengan hadiah babak penyisihan sebesar Rp 5 juta dan hadiah utama ibadah umroh atau holyland beserta perjalanan religi untuk 3 pemenang utama.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here