Sel. Jun 2nd, 2020

Januari-Maret, Kasus DBD di Tanbu Menurun

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Andi Abdurrahman Noor dr M Syaiful Saleh menyatakan, kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Tanah Bumbu sepanjang Maret 2020 tergolong turun.

Syaifullah mengatakan, warga terkena DBD yang telah dirawat di rumah sakit pada Januari terhitung sebanyak 103 orang, Februari sebanyak 169 orang dan pada Maret ini jumlahnya 60 yang pasiennya tidak semua dari warga Tanah Bumbu.

“Bahkan banyak yang sudah sembuh. Kini hanya tersisa lima pasien yang masih dalam tahap perawatan,” ujar Syaifullah, Jumat (27/3/2020).

Kendati menurun, lanjut Syaifullah, tercatat masih ada pasien yang meninggal dunia akibat DBD tersebut. “Itu akibat keterlambatan mengobati, dan sudah tergolong sakit parah dan susah diobati,” jelasnya.

Memang, tambah Syaifullah, penyakit DBD merupakan penyakit musiman yang kerap terjadi di peralihan musim alias pancaroba. Sehingga nyamuk aedes aegepty dapat berkembang biak.

“Mari kita cegah bersama-sama dengan cara membersihkan lingkungan kita, tentunya harus menerapkan menguras, menutup dan mengubur barang bekas atau 3M plus,” ucapnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editot: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.