Rab. Agu 12th, 2020

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan Tanbu akan Pastikan Kesehatan Hewan Qurban yang akan Dijual di Pasaran

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu akan memastikan dan mengecek kesehatan hewan qurban menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu Fauraji mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada setiap hewan qurban baik yang datang maupun yang dikirim ke luar daerah Tanah Bumbu.

Fauraji menambahkan, menjelang Hari Raya Idul Adha tersebut pihaknya juga melakukan pembinaan rutin kepada setiap peternak sebelum memperjualbelikan hewan ternaknya di pasaran.

“Untuk semua hewan qurban yang datang dari luar daerah Tanbu, kami minta kepada pemiliknya untuk terlebih dulu dimasukkan ke kandang karantina hewan yang ada di Desa Tanah Merah. Kemudian semua hewab yang ditampung di sana akan diperiksa oleh dokter hewan. Kalau sudah dinyatakan sehat, baru boleh dipasarkan,” jelasnya, Jumat (3/7/2020).

Selain memperbolehkan peternak menjual belikan hewan qurban yang dinyatakan sehat, lanjut Fauraji, pihaknya juga memberikan batasan usia ternak yang akan dijadikan hewan qurban. “Hewannya harus berusia lebih dari dua tahun,” tegasnya.

Sementara untuk ketersediaan hewan qurban di Kabupaten Tanah Bumbu menjelang Idul Adha 2020 ini, tambahnya lagi, tergolong aman dan terpenuhi. Pasalnya, selain adanya pasokan daei luar daerah, di wilayah Bumi Bersujud juga ada peternakan sapi milik PT Buana Karya Bhakti (BKB) yang menjual tiga jenis sapi berbobot besar, dengan berat di atas 300 Kilogram, seperti jenis Limosin, Mental dan Brahman.

“Menjelang Idul Adha tahun ini, PT BKB sudah menyiapkan sebanyak 140 ekor sapi qurban untuk konsumen,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.