Jelang Idul Adha, Harga Hewan Qurban Mengalami Kenaikan

549

KabarKalimantan, Banjarmasin – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, harga hewan qurban mulai mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan Suparmi mengaku, kenaikan harga hewan qurban itu seiring dengan membaiknya perekonomian.

“Normalnya, untuk harga sapi jenis Sapi Bali atau sapi lokal dikisaran Rp 14 juta- Rp 15 juta. Dibandingkan dengan tahun lalu, kenaikan harga ini berkisar antara 10-15 persen,” kata Suparmi, Jumat (27/7/2018).

Menurutnya, kenaikan itu cukup normal mengingat tingginya permintaan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah qurban. “Jika ngin harga murah, maka membelilah sejak beberapa bulan sebelum mendekati pelaksanaan qurban,” tandasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban pada Idul Adha tahun ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan 9.000 sapi dari berbagai jenis, seperti Sapi Bali, sapi unggul jenis Limousin dan Simmental yang harganya menembus angka di atas Rp 20 juta tergantung berat total per ekornya.

Baca Juga :   Investor China akan Berinvestasi di Kalsel

Kenaikan harga yang cukup tinggi itu nampaknya hanya berlaku untuk sapi saja. Sedangkan jeni kerbau dan kambing kenaikannya tak terlalu signifikan.

M Rizal Khalqi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here