Kam. Okt 22nd, 2020

Jelang Pilkada, KPU Tanbu Persiapkan Sosialisasi untuk Calon Independen

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Awal Oktober 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu mulai menggelar sosialisasi persyaratan bagi calon kepala daerah yang maju independen.

Komisioner KPU Kabupaten Tanah Bumbu Makhruri mengatakan, untuk calon perseorangan atau calon independen dari (non partai) mendapatkan waktu yang tergolong longgar untuk mengumpulkan dukungannya.

“Mereka bisa mengumpulkan bukti dukungan berupa KTP tanpa harus melampirkan materai. Meskipun, syarat minimal dukungan baru ditetapkan pada Maret 2020 mendatang,” ucap Makhruri, senin (30/9/2019).

Makhruri menambahkan, untuk undang-undang Pilkada tidak ada perubahan. Jumlah dukungan sebagai syarat pencalonan perseorangan masih sama dengan Pilkada sebelumnya, yaitu jumlah DPT Kabupaten Tanah Bumbu saat ini 287.000, dikurangkan 10 persen.

“Jadi, untuk jumlah KTP yang harus disetorkan calon independen kepada KPU sekitar 3.000 lembar,” katanya.

Sementara terkait batas waktu penyerahan dukungan, lanjutnya, dimulai dari Desember 2019 hingga  berakhir Maret 2020. “Namun setelah itu, masih ada waktu untuk perbaikan bagi calon yang sudah masuk data di KPU,” terangnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.