Jelang Ramadhan, Harga Sembako Relatif Stabil

2295

KabarKalimantan, Banjarmasin – Jelang Bulan Suci Ramadhan harga beberapa komoditi, seperti sayur mayur, daging dan bahan sembako relatif stabil, tidak ada kenaikan.

Dalam inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Sentra Antasari yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kota Banjarmasin dan Kementerian Perdagangan Bidang Kebijakan Perdagangan tidak menemui harga bahan-bahan yang alami kenaikan.

Staf khusus Kementerian Perdagangan Bidang Kebijakan Perdagangan, Radix Siswo mengatakan, harga-harga di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin relatif stabil walaupun ada sedikit pergerakan harga dikarenakan pasokannya kosong.

“Seperti bawang putih, ada sedikit kenaikan dikarenakan pasokannya kurang, namun minggu depan, ada beberapa importir yang diberikan izin untuk mengimpor bawang putih. Kami pastikan minggu depan bawang putih akan turun drastis,” kata Radix saat, Selasa (30/4/2019).

Untuk itu, ia mengimbau para pedagang setibanya bawang putih tersebut diharapkan agar mulai sekarang berangsur-angsur menurunkan harganya.

“Rencananya bawang putih akan masuk di seluruh Indonesia sebanhak 115 ribu ton, dan untuk jatah Kalsel disesuaikan oleh beberapa importir, dan nanti masuknya bertahap mengisi pasar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani mengatakan, Sidak ini merupakan upaya antisipasi dan melakukan penambahan stok bagi para pelaku usaha terlebih selama bulan Ramadhan.

“Kami juga sudah mengunjungi beberapa pergudangan pelaku usaha, melihat stok pada gudang-gudang mereka sangat banyak dan dalam keamanan gudang juga cukup bersih untuk pemeliharaan barang stok-stok tersebut. Sehingga di bulan Ramadhan mereka siap untuk masuk pasar dan tentunya dengan ketersediaan yang banyak kita harapkan harga akan jadi stabil,” kata Birhasani.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, ada pegerakan di beberapa komoditas dan dengan sidak ini dapat mengantisipasi para pedagang agar tidak memainkan harga dibulan ramadhan agar dapat tetap stabil.

“Jangan sampai pedagang memainkan harga di saat umat Islam menjalankan ibadah puasa,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here