Jembatan Alalak Baru Hampir Rampung, Paman Birin Bersyukur dan Bangga Hajat Masyarakat Banua Terwujud

2 min read
2.137

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bersyukur dan bangga, hajat masyarakat Banua terwujud dengan telah terbangunnya salah satu jembatan yang akan menjadi ikon Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini saat meninjau langsung Jembatan Alalak yang menghubungkan antara Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala, Senin (13/9/2021).

Paman Birin mengatakan, dengan adanya jembatan ini satu lagi infrastruktur pembangunan terpenuhi yang pastinya akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat Banua dan menambah koneksitas antar provinsi yang ada di Pulau Kalimantan.

“Hari ini kita mengunjungi salah satu pembangunan infrastruktur yang memenuhi hajat orang banyak. Kita bersyukur ini adalah salah satu karya terbaik yang ada di Kalimantan Selatan. Ini sangat membanggakan bagi kita semua dan tentunya sangat bermanfaat, karena jembatan ini lintas Kalimantan,” katanya.

Baca Juga :   Renovasi Stadion 17 Mei Segera Terealisasi

Terkait kapan dan siapa yang akan meresmikan, Paman Birin menuturkan saat berbicara dengan Presiden beberapa waktu lalu di Istana Negara lalu, Presiden Joko Widodo berencana akan mengunjungi Kalimantan Selatan. Namun belum dipastikan apakah kunjungan Presiden nanti untuk meresmikan jembatan atau ada kunjungan kerja lain.

“Ini (kembatan, red) in syaa Allah akan dikunjungi presiden dan mudah-mudahan kehadiran presiden ke Kalsel nanti salah satunya dalam rangka meresmikan jembatan terbaik di Kalsel ini,” ucapnya.

Baca Juga :   Cegah Kecurangan di TPS, Demokrat Banjarmasin Siapkan Saksi  Kawal Pemilu 

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan (Kalsel), Syauqi Kamal mengungkapkan, saat ini pengerjaan jembatan sudah sampai tahap finishing.

“Masa kontrak berakhir tanggal 15 September ini dan sudah 99 persen, tinggal pengerjaan finishing seperti pembersihan, pengecatan, selanjutnya semoga clear,” katanya.

Dengan bentuk kekhasan struktur jembatan menikung dan menjadi jembatan pertama dengan desain seperti itu di Indonesia, Syauqi pun belum bisa memastikan siapa yang akan meresmikan nantinya.

Baca Juga :   Ratusan Veteran Ikut Peringati HUT ke-60 LVRI di Banjarmasin

“Selanjutnya untuk proses peresmian kita diarahkan pusat, dan menunggu pusat siapa yang akan meresmikan. Tapi kalau dari kita belum tahu juga tekhnis persemiannya nanti karena masih pandemi apakah online atau offline,” ucapnya.

Ia menambahkan, setelah selesai uji kelaikan selama dua hari dan saat rapat pleno hasil dari pengerjaan jembatan sesuai dengan desain, saat ini pihaknya sedang menunggu keluarnya sertifikat jembatan dari Menteri PUPR.

“Hasilnya sesuai dengan desain dan sudah laik, ini menunggu proses sertifikat dari Menteri PUPR langsung,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *