Jum. Jan 22nd, 2021

Jembatan Timbang Portabel Diusulkan untuk Cegah Kerusakan Jalan di Balangan

1 min read

BANJARMASIN, KK – Setelah meninjau langsung kerusakan jalan di Kabupaten Balangan, Komisi III DPRD Kalsel usulkan jembatan timbang portabel sementara ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

“Kita minta pembangunan jembatan timbang, tapi karena prosedur, jadi tidak bisa secepatnya dibangun,” ujar Surinto, anggota Komisi III DPRD Kalsel, Rabu (18/1/2017)

Dia menjelaskan, selain membutuhkan waktu yang cukup lama, pembuatan jembatan timbang permanen juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dikatakannya, saat melakukan kunjungan kerja ke Kemenhub pihaknya berinisiatif mengusulkan jembatan timbang portabel yang mudah untuk dipindah-pindah.

Jembatan timbang adalah seperangkat alatuntuk menimbang kendaraan barang atau truk yang dapat dipasang secara tetap atau dapat dipindah-pindahkan (portable). Digunakan untuk mengetahui berat kendaraan beserta muatannya.

Selain itu Surinto yang juga sarjana teknik ini memaparkan salah satu faktor yang mengakibatkan jalan di Kabupaten Balangan mengalami kerusakan ialah meningkatnya jumlah lalu lintas harian rata-rata (LHR).

Salah satu langkah konkret, lanjutnya, agar jalan tidak kembali rusak adalah dengan menaikkan kualitas jalan menjadi kelas II.

“Faktor lain juga karena mobil berat melintas berbondong-bondong, jadi jalan itu tidak sempat kembali pada bentuk semula,” lanjut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dia juga memaparkan untuk struktur pengerasan jalan aspal atau flexibel pavement di Kabupaten Balangan masih kurang baik. Sehingga jika beban pada sumbu atau roda kendaraan melebih 8 ton, aspal yang dilewati akan tengelam dan membutuhkan waktu untuk kembali ke posisi semula. bbe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.