Jum. Feb 28th, 2020

Jokowi Puji TPA Sampah Regional Banjarbakula

1 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Presiden Joko Widodo meresmikan Tempat Pemerosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Jumat (7/2/2020).

TPA Sampah Regional Banjarbakula yang memiliki kuas lahan 15 ribu hektare ini dapat menampung 790 ton sampah perhari dari lima kabupaten/kota, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

Usai meresmikan dan meninjau lokasi, Presiden Joko Widodo mengatakan, TPA Sampah Regional Banjarbakula memiliki tempat yang bersih, dan tertata dengan baik.

Tak hanya itu, menurutnya TPA penggabungan untuk lima kabupaten/kota ini baru pertama di Indonesia.

“Contoh TPA seperti ini bagus. Saya lihat dari sisi penempatan tempat sangat bagus. Jauh dari pemukiman penduduk dan mempunyai manajemen pengelolaan sampah yang baik, karena menggabungkan lima kabupaten/kota,” kata Jokowi.

Ia berharap, TPA Sampah Regional Banjarbakula ini dapat menyelesaikan persoalan sampah di lima kabupaten/kota di Kalsel. “Kotanya bersih, kabupatennya bersih. Sehingga budaya bersih ada di seluruh kota dan kabupaten,” tuturnya.

Baca Juga :   Nobar Debat Capres, Dua Kubu Pemenangan Saling Optimis

Jokowi mengimbau masyarakat agar dapat mengelola sampahnya secara mandiri, terutama yang bisa didaur ulang sendiri sehingga ada pengurangan.

“Sesudah ada TPA ini jangan semua bertumpu di sini. Belum 8 tahun sudah tidak cukup kalau masuk ke sini semua. Mengedukasi masyarakat juga sangat penting mengenai sampah,” pungkasnya.

Selepas meninjau, Jokowi didampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga melakukan penanaman pohon meranti di lokasi TPA Sampah Regional Banjarbakula.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.