Jum. Sep 25th, 2020

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kalsel Sosialisasikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba kepada PIK Remaja dan Kelompok Bina Ketahanan Remaja

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Persoalan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang merupakan masalah serius dan bukan hanya menjadi perhatian pemerintah pusat hingga daerah, namun perlu kerja sama dari berbagai elemen masyarakat.

Meski aparat penegak hukum telah memberikan sanksi tegas terhadap pengedar dengan bermacam-macam hukuman, mulai dari kurungan penjara hingga hukuman mati. Tapi, tetap saja hal itu tidak membuat para bandar narkoba segera bertaubat.

Pun demikian, pemerintah juga tak pernah bertaubat untuk melakukan tindakan agar penyalahgunaan narkoba itu bisa dihindari masyarakat.

Seperti yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Hotel Tree Park Banjarmasin pada Senin (14/10/2019).

Acara yang bertemakan “Remaja Sehat Bebas NAPZA” itu juga mengundang pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalsel sebagai pembicara untuk menyosialisasikan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada peserta dari PIK Remaja dan Kelompok Bina Ketahanan Remaja (BKR).

Baca Juga :   Guru SMAN 1 Upau Gandeng Pendidik Sebaya Kampanyekan P4GN dan HIV Aids

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kalsel H Ipansyah SE MM yang menjadi narasumber menjelaskan seputar narkoba.

Dalam pemaparannya, Ipansyah memaparkan, terkait prevalensi penyalahgunaan narkoba di Kalsel, definisi narkoba, dampak penyalahgunaan, faktor yang mempengaruhi, bahaya narkoba bagi peserta didik, keluarga, serta masyarakat secara umum.

Ia juga menyampaikan tips-tips untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, terutama di lingkungan keluarga dan sekolah. “Untuk menangkal laju peredaran barang haram tersebut, perlu kerja keras semua pihak untuk menyelamatkan para pelajar untuk tidak menggunakan narkoba,” ujarnya.

Ipansyah juga berharap, peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi penyalahgunaan narkoba tersebut mampu memahami seluruh materi yang dipaparkan.

“Kami juga mengharapkan, para peserta turut berperan untuk menyebarkan informasi tentang bahaya narkoba kepada orang-orang di lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Reporter: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.