Kabupaten Balangan Raih Penghargaan KLA 2019 dari Kementrian PPPA RI

1633

KabarKalimantan, Makassar – Kabupaten Balangan kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini, kabupaten berjuluk Bumi Sanggam itu mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2019.

Penghargaan KLA kategori Pratama yang diterima langsung Bupati Balangan H Ansharuddin tersebut diserahkan langsung Menteri PPPA RI Prof Yohana Susana Yembise MA di Hotel Four Points, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019) malam.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Lenny N Rosalin menyampaikan, KLA merupakan kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

“Penghargaan KLA terdiri dari lima kategori yakni Pratama, Muda, Madya, Nindya dan Utama. Dan, tahun ini ada 247 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan KLA,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri PPPA RI Prof Yohana Susana Yembise MA dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan KLA 2019.

Baca Juga :   Semua Anak di Balangan Diimbau Ikuti Imunisasi MR

Ia mengatakan, penghargaan KLA yang diberikan setiap tahun tersebut bertujuan untuk memacu gubernur, walikota dan bupati untuk bekerja keras menjadikan daerahnya layak anak. Ia juga meminta kepada pemerintah daerah agar lebih serius dan terus menerus memperhatikan urusan perempuan dan anak-anak.

“Tahun 2030 adalah target tercapainya Indonesia Layak Anak. Mendukung hal tersebut, perlu sinergitas dan kerja keras dari para kepala daerah termasuk koordinasi dan kerjasama antar SKPD,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan syukur atas raihan penghargaan KLA untuk Kabupaten Balangan serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas PPPA Balangan, seluruh masyarakat dan stakeholder yang terlibat dalam upaya memenuhi kesejahteraan anak di Bumi Sanggam, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Penghargaan KLA ini merupakan apresiasi pemerintah pusat kepada pemkab dan masyarakat Balangan yang melakukan percepatan KLA dalam bentuk kebijakan, program, dan kegiatan konkrit untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan khsus anak,” ucapnya.

Baca Juga :   Tatib DPRD Balangan akan Segera Diterapkan

Bupati berharap, penghargaan tersebut akan dapat dipertahankan dan terus diupayakan untuk ditingkatkan ke tahapan atau kategori yang lebih tinggi.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here