Kader PKS Kalsel Keluar Massal, Ada Rencana Ikut Partai Baru

57

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ramai-ramai kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kalsel mengundurkan diri. Masuk organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (GarbI), lantas ikut membentuk partai politik.

 

Partai itu rencananya dinamakan Gelombang Rakyat, disingkat Gelora. “Itu belum pasti, tapi sudah 90 persen,” ucap Riswandi, anggota DPRD Kalsel periode 2014-2019 dari Fraksi PKS, Ahad (8/9/2019) siang.

 

Saat itu, Riswandi bersama puluhan kader PKS lainnya. Selain dirinya, ada Surinto yang juga wakil rakyat dari PKS. Mereka tengah berkumpul menyantap hidangan makan siang di Rumah Makan Tambak Yuda Banjarmasin. Riswandi menyebut, acara itu adalah soft launching pembentukan partai baru, sekaligus deklarasi jika mereka keluar dari PKS.

 

Riswandi pun mengaku, meski tak semua hadir saat itu, sedikitnya sudah ada 2000 an simpatisan yang akan bergabung dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Struktur kepengurusan partai baru akan segera dibentuk. “Hingga tingkat paling bawah,” katanya.

Baca Juga :   Tatib Terbaru DPRD Kalsel Ditetapkan

 

Mereka umumnya adalah anggota PKS yang masuk Ormas GarbI. Tapi Riswandi menampik jika GarbI lah yang menjelma menjadi parpol. Anggota GarbI pun tidak semuanya orang PKS.

 

“Sejumlah eksponen GarbI yang berinisiatif membentuk partai sosial politik. Tidak semua ikut,” katanya.

 

Jika dikatakan eks PKS adalah mayoritas penghuni partai baru yang rencananya bernama Gelora itu, Riswandi tidak menolak. Tapi dia menegaskan, partai baru itu tidak ada hubungan langsung dengan PKS. Agar tak identik dengan ‘sang mantan’, partai baru itu berhaluan Nasionalis Religius.

 

“Tidak untuk agama tertentu. Semua kalangan bisa masuk,” ujar Riswandi.

 

Besok adalah pelantikan anggota DPRD Kalsel periode terbaru. Dengan demikian, jabatan Riswandi dan Surinto berakhir. Tapi Riswandi menolak jika acara dilaksanakan berkaitan erat dengan berakhirnya masa jabatan mereka sebagai anggota DPRD Kalsel.

Baca Juga :   Ini Upaya Hindari Praktik Monopoli Lelang Proyek

 

“Ini arahan pusat. Jadi bukan memanfaatkan momen,” ucap Riswandi.

 

Riswandi dan Surinto sendiri tidak lagi maju jadi wakil rakyat dari PKS. Bukan tak dapat dukungan, tapi tekad rupanya sudah bulat.

 

“Kami memang tidak mengajukan diri lagi,” kata Riswandi lagi.

 

Ngobrol dengan wartawan, Riswandi didampingi Surinto. Juga eks PKS lainnya seperti Riyadi, Husaini, dan Wahyudi.

 

“Antara kami berlima ini lah nanti yang akan jadi ketua di Kalsel,” ucap Riswandi.

 

Reporter : M Ali Nafiah Noor

Editor : Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here