Kader PPKDB Tanah Bumbu Kawal Program KB

249

KabarKalimantan, Batulicin – Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) merupakan ujung tombak dalam membantu mengumpulkan basis data Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan keluarga sejahtera di desa.

Sebagai lapis pertama keberhasilan program KB, mereka melakukan penyuluhan akseptor KB, kelompok bina keluarga dan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) serta membantu pelayanan kontrasepsi bagi keluarga prasejahtera dan sejahtera.

Guna mempertajam keberhasilan program ini, Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Rapat Koordinasi PPKBD di Mahligai Bersujud, Kapet, Selasa (7/8).

Rapat koordinasi tersebut diikuti sebanyak 151 orang PPKBD dari Kecamatan Kusan Hulu dan Sungai Loban.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Hj Narni mengatakan, hal ini bertujuan agar para kader PPKBD dapat menyamakan persepsi terhadap rancangan dan program kerja kontruktif ke depan termasuk melakukan evaluasi kinerja guna terus memotivasi dan meningkatkan kualitas kinerja PPKBD di Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga :   Mardani Imbau Bendaharawan Antisipasi Penggunaan Dana Hibah

“PPKBD sebagai ujung tombak pelaksana program KB di tingkat desa hendaknya memiliki kemampuan meningkatkan capaian program di bidang keluarga berencana dan keluarga sejahtera,“ ujar Narni.

Kegiatan ini dilaksanakan agar menjadi motivasi dan menambah wawasan para kader sebagai petugas pendamping dan relawan di lapangan, baik dalam hal pendataan keluarga maupun tugas pendampingan lainnya.

Slamet Riadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here