Kam. Apr 9th, 2020

Kades Bunati Tolak Relokasi Jalan Desa

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanbu melarang truk tronton muatan batubara melintas di jalan Desa Bunati, Kecamatan Angsana.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanbu H Ansyari Firdaus melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Hernadi menjelaskan, pihaknya tak memperbolehkan lagi truk tronton bermuatan batubara untuk melintasi jalan Desa Bunati, karena sudah dilakukan pengaspalan.

Pengaspalan jalan lintas Desa Bunati sepanjang 4,6 Kilometer itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat tahun 2020 sebesar Rp 10 milar dan realisasi lelang proyek itu hanya menelan biaya sekitar Rp 9,7 milar.

“Pengerjaan proyek pengaspalan jalan desa Bunati yang dilaksanakan secara bertahap, mulai pengerjaan lapisan pondasi bawah hingga pengerjaan lapisan atas kini sudah selesai. Kemudian, dilanjutkan dengan pengaspalan yang diperkirakan selesai April mendatang,” ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Hernadi menjelaskan, saat ini semua truk tronton angkutan batubara sudah dilarang melintasi jalan Desa Bunati. “Kalau masih nekat menerobos akan kita berikan sanksi. Karena pekerjaan ini harus kami laporkan dulu, dan diaudit pihak BPK dan BPKP Kalsel.

Terpisah, Kepala Desa Bunati Alaudin melalui Sekretaris Desa Sodikin mengatakan, terkait usulan pemindahan jalan desa oleh perusahaan tambang batubara PT Anzawara Satria ditolak melalui surat resmi kepala desa,  tertanggal 13 Maret lalu. “Walaupun jalan aspal Desa Bunati sudah ditutup, namun pihak desa tetap saja memberikan jalan houling yang dulu,” ujarnya.

Dalam peraturan Kementerian ESDM, semua perusahaan tambang batubara harus memiliki jalan angkutan khusus untuk mengangkut hasil tambangnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.