Kades Kolam Kanan Bagikan Kapur Dolomite kepada 273 KK

2 min read
1.938

KabarKalimantan, Marabahan – Untuk mencegah tingginya keasaman lahan di Desa Kolam Kanan, Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala, Pemerintahan Desa Kolam Kanan membagikan kapur dolomite untuk menetralisir keasaman tanah, baik itu lahan perkebunan maupun persawahan, Rabu (15/9/2021).

Kepala Desa Kolam Kanan Endang Sudrajat mengatakan, program tersebut merupakan upaya untuk membantu warga karena kapur  memang sangat diperlukan untuk lahan persawahan maupun perkebunan.

Baca Juga :   Tiga Poin lagi, Batola Raih Predikat BB

“Di Desa Kolam Kanan ini, tingkat keasaman tanahnya cukup tinggi, yaitu berkisar antara 3-5 Ph. Hal itu mengakibatkan produktivitas pertanian berkurang, baik itu dari hasil perkebunan maupun persawahan,” jelasnya.

Atas dasar itulah, pemerintahan desa berinisiatif untuk memprogramkan bantuan kapur gratis, yang dananya dianggarkan dari Dana Desa tahun anggaran 2021.

“Ada 273 KK yang mendapatkan bantuan kapur ini, dan masing-masing KK kami targetkan akan mendapatkan sebanyak 1 ton. Namun, penyakurannya dilakukan bertahap mengingat dana desa juga diperlukan untuk kebutuhan lainya,” ungkapnya.

Baca Juga :   KUBE di Batola akan Terima Bantuan Bibit Ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Dijelaskannya, kapur yang dibagikan ini merupakan program tahap kedua. “Pada tahap pertama juga sudah kami bagikan sebanyak 92 ton. Program ini akan berlanjut untuk tahun berikutnya hingga tahun ketiga,” paparnya.

Endang pun berharap, pembagian kapur gratis ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Jangan diperjualbelikan, karna kalau sampai ketahuan, akan kami berikan sanksi berupa denda kepada pelakunya,” tegasnya.

Baca Juga :   Noormiliyani Beri Materi Bimtek Pratugas Kades

Sementara itu, Sairin, salah seorang warga Kolam Kanan mengucapkan terima kasih atas bantuan kapur gratis ini. “Kami berharap program ini terus berlanjut, Karna kami memang sangat membutuhkan kapur untuk mengurangi keasaman lahan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *