Kades se-Balangan Diingatkan Soal Penggunaan Dana Desa

490

KabarKalimantan, Paringin– Kejaksaan Negeri Balangan melakukan sosialisasi hukum demi mengawal penggunaan Dana Desa sesuai ketentuan, Kamis (24/8/2017). Sosialisasi menyasar seluruh kepala desa dan aparatur pemerintahan desa se-Kabupaten Balangan.

Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Balangan menghadirkan delapan camat dan 154 kepala desa saat sosialisasi Dana Desa.

Kasintel sekaligus Ketua TP4D Kejaksaan Negeri Balangan, Bara Mantion Irsahara, mengatakan kegiatan sosialiasi sebagai tindak lanjut intruksi Kejaksaan Agung agar mengawasi penggunaan Dana Desa. Bara ingin meluruskan dan mengawal penggunaan Dana Desa. Selain itu, ia mengingatkan aparatur desa hati-hati dalam penggunaan Anggaran Dana Desa.

“Kegiatan ini suatu langkah Tim TP4D kita untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang penggunaan Dana Desa dan sekaligus sebagai pencerahan kepada kepala desa,” kata Bara di sela sosialisasi.

Menurut Bara, Peran TP4D mengawal Dana Desa supaya dalam penggunaanya tepat sasaran, tepat guna, dan akuntabel di tengah maraknya penyalahgunaan Dana Desa. TP4D akan membantu aparatur desa terhadap pembangunan di daerah setempat.

“Baik itu yang bersumber dari APBN maupun APBD. Takutnya ada yang mengalami kendala dalam melakukan penganggaran,” kata Bara, seraya menambahkan TP4D tidak mendampingi semua penggunaan Dana Desa.

“Namun yang memiliki potensi ada masalah. Apabila masalahnya ada kaitannya dengan pidana, tentunya kita langsung melalui mekanisme tindak pidana khusus,” ujar Bara Mantion.

F. M Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here