Kaji Pengelolaan Bank Sampah dari Desa Hilir Muara

1105

KabarKalimantan, Kotabaru – Desa Hilir Muara nampaknya menjadi ‘kiblat’ dalam hal pengelolaan bank sampah di Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Tergerak untuk menjadikan seluruh desa mempunyai bank sampah, Camat Pulau Laut Tengah Melinda Ratna Agustina melaksanakan studi banding ke Desa Hilir Muara sebagai tindak lanjut usai rapat di Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, Senin (1/7/2019).

“Ada tujuh desa di Kecamatan Pulau Laut Tengah ini yang masih belum mempunyai bank sampah. Nah, kami ingin kesemuanya memiliki bank sampah. Makanya, dalam studi banding ini kami mengikutsertakan Kepala Desa Mekarpura agar bisa melihat langsung pengelolaan bank sampah di Desa Hilir Muara,” kata Melinda.

Melinda juga berharap, setelah studi banding ini Desa Mekarpura akan memiliki bank sampah agar sampah di Desa Mekarpura dapat dikelola dengan baik. “Mudah-mudahan, ke depannya enam desa lainnya juga memiliki bank sampah,” jelasnya.

Baca Juga :   300 Kios di Pasar Kemakmuran Ludes Terbakar

Sementara itu, Kepala Desa Hilir Muara H Nurdin dalam kesempatan itu menjelaskan, bank sampah yang dimiliki desanya sudah berjalan sekitar 5 bulan, dan ada sekitar 8 ton sampah yang sudah terkumpul.

“Selain desa jadi terlihat bersih, dari hasil bank sampah ini masing-masing anggota mempunyai tabungan sedikitnya Rp 300 ribu dari hasil penjualan sampahnya,” katanya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here