Rab. Agu 12th, 2020

Kalsel akan Wujudkan ‘Forest City’

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Nantinya, semua rumah dan bangunan di Kalimantan Selatan tidak perlu pendingin ruangan lagi. Begitu buka pintu dan jendela, angin segar akan masuk.

Itu terjadi jika Kota Hutan (Forest City) yang diwacanakan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) terwujud di Bumi Antasari.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hanif Faisol kepada wartawan di Sekretariat DPRD Kalsel, Rabu (17/7/2019) siang, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan segera mendeklarasikan program tersebut dalam waktu dekat.

Kenapa tidak, menurut Hanif, Forest City sejalan dengan Revolusi Hijau yang dicanangkan Gubernur. Sehingga untuk mewujudkannya dinilai bukanlah keniscayaan. “Embrionya sejak revolusi hijau,” katanya.

Hanif menjelaskan, Forest City sendiri bentuknya adalah kota di tengah-tengah hutan. Setiap daerah harus membentuk tata ruangnya sehijau mungkin.

Saat ini, Pemprov dan DPRR Kalsel pun tengah menggodok regulasi agar cita-cita Forest City di Kalsel bisa terwujud. “Perdanya sedang dikaji,” ucapnya.

Baca Juga :   Dalami e-Service, Dishut kirim Pejabat Eselon III ke Finlandia

Forest City adalah indikator utama kota lestari. Kota-kota maju di seluruh negara besar juga gencar mencanangkan ini. Sehingga menurut Hanif, semua sektor harus mendukung kegiatan itu.

Terkait upaya pemprov sendiri saat ini sudah menanam seluas 6.800 hektare. Hanif yakin, Forest City bisa terwujud setidaknya dalam 20 tahun mendatang. Itu jika ditargetkan penanaman sebanyak 32.000 hektare per tahun.

“Asumsi kami tercapai. Persiapan lapangan sudah signifikan,” ujar Hanif.

Sementara itu, menurut Ketua Komisi II DPRD Kalsel Suwardi Sarlan, sepanjang menyangkut kepentingan masyarakat Kalsel, program pemprov senantiasa didukung. Apalagi jika menyangkut kemaslahatan nasional.

“Bahkan ini kepentingan dunia,” katanya.

Reporter : M Ali Nafiah Noor
Editor : Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab : M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.