Sen. Jul 13th, 2020

Kalsel Sangat Optimis Jadi Ibukota Baru

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ibukota negara untuk urusan pemerintahan sudah dipastikan bakal pindah ke Kalimantan. Meski belum jelas Kalimantan bagian mana, namun Kalimantan Selatan tampak begitu optimis.

Hal itu sering diungkapkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dalam berbagai kesempatan. Seperti saat memberi sambutan dalam penandatanganan nota kesepakatan KUPA PPAS di gedung dewan Senin (5/8/2019) lalu.

Paman Birin mengatakan, Kalimantan Selatan adalah satu-satunya daerah yang pernah mengeluarkan proklamasi kesetiaan terhadap NKRI. Itulah proklamasi Divisi IV ALRI yang dibacakan Brigjen H Hasan Basry pada 17 Mei 1949 di Kandangan. Dengan teks itu pula, Provinsi Kalimantan yang berpusat di Kalimantan Selatan menyatakan bergabung dengan NKRI.

“Wajar jika Ibukota negara ditempatkan di Kalimantan Selatan,” kata Paman Birin.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kalsel Fajar Desira. Kalimantan Selatan disebutnya sebagai yang paling memenuhi kriteria dibanding dua pengusul lainnya, yakni Kalimantan Tengah dengan Gunung Mas dan Kalimantan Timur dengan Bukit Suharto.

Baca Juga :   Mahasiswa Minta Tuntutan Disampaikan DPRD Kalsel Secara Kelembagaan

Fajar menjelaskan, Indonesia adalah negara maritim. Sehingga calon Ibukota terpilih nanti berada di tepi laut.

“Indonesia itu tujuh belas ribu pulau dengan garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada, artinya Indonesia ini memang negara maritim. Akses pelabuhan jadi kriteria penting oleh Bappenas,” kata Fajar.

Meski demikian, Fajar enggan menyebutkan lokasi di Kalsel yang diusulkan. Hal itu dirahasiakan agar tidak terjadi jual beli lahan oleh para spekulan.

“Ada beberapa titik yang kami usulkan, jadi bukan satu titik saja. Sengaja tidak dibuka supaya tidak muncul spekulan,” kata Fajar.

Reporter: M Ali Nafiah Noor
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.