Kalsel Tuan Rumah PKNGRM 2019

4

KabarKalimantan, Banjarbaru – Provinsi Kalimantan Selatan mendapat kehormatan sebagai tuan rumah puncak peringatan Pekan Kerja Nyata Gerakan Revolusi Mental (PKNGRM) Indonesia 2019.

Setelah Hari Pangan Sedunia (HPS) di Jejangkit dan Hari Olahraga Nasional (Haornas), kali ini Kalimantan Selatan dipercaya menggelar Pekan Kerja Nyata Gerakan Revolusi Mental (PKNGRM) Indonesia 2019 yang dilaksanakan di Komplek Perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (19/9/2019).

Rencananya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin serta Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor serta bupati dan walikota seluruh Indonesia berhadir di acara tersebut.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, keberhasilan yang sudah dicapai berada di tangan bersama, pusat, daerah dan semua elemen bangsa. Karena bersama-sama menerapkan Gerakan Revolusi Mental Indonesia.

“Meski demikian, tantangan bangsa ke depan berupa terorisme, narkoba, gizi buruk, dan kematian ibu hamil, masih cukup tinggi,” katanya.

Menurutnya, untuk mengantisipasinya harus mempercepat peningkatkan SDM, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo untuk  terus mendorong terwujudnya pelayanan masyarakat.

“Apa yang dilihat dan dan dirasakan oleh masyarakat, harus menjadi perhatian kita bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin mengatakan, Gerakan Revolusi Mental yang sudah dilaksanalan sebelumnya di Solo dan Manado, saat ini digelar di Kalsel bertujuan untuk memotivasi kembali gerakkan tersebut.

“Sudah banyak hasil dari gerakan ini yang mana banyak inovasi yang tujuannya menggelorakan masyarakat supaya betul-betul ada kedekatan antara publik dan pemerintah,” katanya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini pemerintah semakin terbuka dengan rakyat, dan rakyat akan ikut berpartisipasi serta mengetahui apa yang dilakukan oleh negara dan pemerintah itu.

“Itu sebenarnya yang diinginkan, sehingga tiap tahun dilakukan geloraan nasionalnya yang tidak menutup kemungkinan untuk daetah-daerah juga dapat melaksanakannya,” ucap Syafruddin.

Ia menuturkan, pasca mulai diterapkannya Gerakan Revolusi Mental, Kalimantan Selatan dari implementasi kinerja yang terbaik karena satu-satunya provinsi yang dapat nilai Sakip A dari luar Pulau Jawa.

“Yang lain belum ada, jadi Kalimantan Selatan ini cukup cepat,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan yang berhadir dalam Pekan Kerja Nyata Gerakan Revolusi Mental (PKNGRM) Indonesia 2019.

“Alhamdulillah, Banua kita semakin ramai kedatangan tamu, dan insya Allah kita akan selalu siap untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat nasional dan kita ingin setiap event nasional sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Ia berharap, Gerakan Revolusi Mental ini tidak hanya sekadar acara seremoni, tetapi benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan terus melakukan perubahan yang menuju ke arah perbaikan, kemandirian sebagai sebuah bangsa yang ingin sejahtera dan jaya selamanya,” ucap Paman Birin.

Adapun terkait Implementasi Gerakan Revolusi Mental di Kalsel yang sudah dilakukan. Paman Birin menuturkan bahwa salah satu yang telah digerakannya adalah dengan senang berolahraga saja sudah menjadi revolusi mental.

“Karena dengan berolahraga kita menjadi sehat,” katanya.

Selain itu juga, menanggapi yang disampaikan oleh Menpan-RB terkait implementasi kinerja pemprov yang berhasil meraih Sakip A yang merupakan Revolusi Mental.

Paman Birin mengucapkan syukur, karena itu semua diperoleh karena kerja keras semuanya dan tinggal mempertahankannya ke depan.

“Alhamdulillah, karena semua itu kerja keras pemerintah dan didukung oleh masyarakat hingga hasilnya akan bagus,” pungkas Paman Birin.

Dalam pembukaan acara Pekan Kerja Nyata Gerakan Revolusi Mental (PKNGRM) Indonesia 2019 menampilkan, Tari kreasi Nusantara, Violin Cilik, serta Senam Japin Banjar yang melibatkan pelajar di Banjarbaru.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here