Kantor Disdukcapil Sempit, Warga Terpaksa Duduk di Tangga

1003
Suasana pelayanan di Disdukcapil Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan PencatatanK Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin belum memenuhi standar. Warga terpaksa menggunakan tangga sebagi tempat duduk.

Ini diungkapkan Anggota DPRD Kota Banjarmasin Ikhsan Wardani pada saat mengunjungi Kantor Disdukcapil Banjarmasin, kemarin.

Menurut Ikhsan Wardani, tempat duduk yang tersedia di kantor milik pemerintah itu, tidak cukup menampung warga yang ingin mendaptkan pelayanan. Pasalnya, sebagian warga terpaksa menggunakan tangga sebagai tempat duduk, bahkan ada yang harus berdiri.

“Warga yang datang lebih banyak. Sedangkan kursi yang tersedia sedikit. Mau disedian banyak, tapi ruangannya kecil. Ya mau tidak mau tangga sebagai alternatif mereka,” jelasnya kepada wartawan.

Sebagai wakil rakyat, Ikhsan pun merasa terenyuh melihat kondisi tersebut. Dia menilai perlu ada terobosan baru berupa pembenahan, agara pelayanan kepada masyarakat di kantor itu akan lebih maksimal.

Baca Juga :   Haryadi Lelah, Sudah Tiga Tahun Bolak-balik Disdukcapil Perbarui KTP Sementara

Termasuk lanjutnya, sentral pelayanan di lantai satu Disdukcapil, masyarakat begitu banyak mengantri. Kondisinya lebih parah lagi dari ditempat pengurusan akta di lantai dasar. “Kalau bisa ada upaya pemerintah setempat untuk menanggulangi persoalan tersebut,” katanya.

Politikus Partai Demokrat ini mencontohkan, seperti Kantor Disdukcapil Kota Surabaya, Jawa Timur. Tempat pelayan di sana tidak hanya bagus dan bersih, tapi memiliki ruangan yang luas, sehingga masyarakat merasa nyaman meski harus menunggu antrian.

“Kalau disana itu ruangannya luas, proses pelayannya pun cepat. Kalau bisa Banjarmasin juga seperti itu,” bebernya.

Diakuinya, ini sebagai bentuk kepedulian terhadap Disdukcapil Banjarmasin. Diharapkan kedepan, pemerintah kota bisa terus berinovasi untuk memaksimalkan kantor pelayanan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat di Kota Seribu Sungai ini.

“Saya bukan menyoroti apakah pelayanan sudah cepat atau tidak, tapi sarana dan tempat pelayanan yang harus diperbaiki, itu saja,” tegasnya.[]

Baca Juga :   Kisruh Persyaratan PPDB SMA, Disdukcapil Banjarmasin Padat Antrean
 
 Smara Aqdimul Azmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here