Kantor Dishub Kalimantan Selatan Kebakaran

KabarKalimantan, Banjarmasin – Menjelang kumandang azan Maghrib, kantor Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan kebakaran hebat pada Sabtu petang (12/8/2017). Puluhan pemadam kebakaran swasta berduyun-duyun mendatangi lokasi kantor yang terletak di Jalan Belitung Darat, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin itu.

Data yang dihimpun Kabar Kalimantan dari BPK gabungan, peristiwa kebakaran sekitar pukul 18:05 Wita. Api diduga berasal dari korsleting listrik di lantai dua kantor Dishub Kalsel. Kantor itu sebenarnya baru direnovasi.

Adapun bangunan yang terbakar berjenis beton dan kayu. “Setelah 30 menit kemudian api mampu dipadamkan dengan cepat oleh beberapa BPK Kota Banjarmasin dengan saling bekerjasama disatu sama lainnya,” kata seorang relawan BPK Darul Fitrah Pasar Lama.

Di lantai dua, ruangan yang ikut terbakar yakni ruangan sekertaris dinas, ruang kepala dinas, ruang aula, ruang keuangan, dan ruang program. BPK memastikan kebakaran tidak menelan korban jiwa.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan, Rusdiansyah mengatakan ada kemungkinan sumber api berasal dari plafon atap di lantai dua. Menurut dia, banyak kabel-kabel instalasi listrik di atas plafon lantai dua.

“Berkas mudah-mudahan selamat. Kalau disimpan dalam file komputer, mungkin bisa diselamatkan,” ucap Rusdiansyah.

Selain itu, ia memastikan tidak ada berkas Badan Intelijen Negara yang ikut hangus terbakar api. Sebelum Dishub Kalsel mengisi gedung berdinding putih itu, Badan Intelijen Negara Kota Banjarmasin sempat berkantor di lantai dua.

Rusdiansyah mengakui semula banyak berkas BIN yang tersimpan di aula gedung. Namun, ia menjamin aula Dishub Kalsel sudah bersih dari dokumen BIN Kota Banjarmasin. “Berkas BIN enggak ada lagi di aula, sudah diamankan,” kata dia.

M Syahbandi  |  Diananta Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here