Sel. Apr 7th, 2020

Karlie Hanafi Menulis Buku untuk Panduan Legislator

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sadar punya disiplin ilmu di bidang hukum, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel Karlie Hanafi pun menulis buku tentang panduan membuat pembemtukan peraturan daerah.

 

Sampulnya berwarna kuning. Judulnya LEGAL DRAFTING Pembuatan Peraturan Daerah. Diterbitkan oleh Program Magister Ilmu Hukum Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam. Perlu waktu enam bulan bagi Karlie Hanafi untuk menyelesaikan buku itu.

 

Karlie Hanafi rupanya terpanggil untuk meyusun buku pedoman tersebut mengingat salah satu peran penting anggota DPRD adalah sebagai legislator, membuat aturan. “Ini sesuai disiplin ilmu saya,” katanya.

 

DPRD Kalsel menampung sebanyak 55 anggota. Semua berasal dari berbagai latar belakang pengalaman dan keilmuan masing-masing.

 

“Anggota DPRD dituntut sebagai legislator,” ujarnya lagi.

 

Menurut Karlie, membuat peraturan daerah memang tidak mudah. Ada beberapa macam jenis sesuai kebutuhannya masing-masing.

Baca Juga :   Mengatasi Masalah Zonasi, Pemprov Kalsel Siap Menambah Sekolah

 

Selain itu, banyak hal yang lerlu diperhatikan dalam membuat sebuah peraturan daerah. Semua itu dirangkum Karlie dalam buku yang ia tulis.

 

“Sebelum rancangan dibuat, perlu dubuat dulu naskah akademiknya berdasarkan penelitian,” ujarnya.

 

Karlie Hanfi sendiri punya pengalaman yang mumpuni di bidang legislatif. Ia menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel sejak 2004 periode 2004-2009.

 

Selain untuk para legislator di DPRD Kalsel, Karlie juga merekomendasikan bukunya untuk dibaca para mahasiswa di bidang hukum.

 

Reporter: M Ali Nafiah Noor

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.