Keimigrasian Sosialisasikan Perpres Penggunaan Tenaga Kerja Asing

715

KabarKalimantan, Banjarmasin – Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyosialisasikan Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang berlangsung di Griya Pasadena Banjarmasin, Senin (17/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari Dinas Tenaga Kerja, Kementerian Agama, Disdukcapil, UIN Antasari Banjarmasin, Ponpes AL-Ihsan Banjarmasin, SMAN Banua Kalsel, Universitas Lambung Mangkurat, dan 13 perusahaan di Banjarmasin.

Kepala Kemenkumham Kalsel Ferdinand Siagian didampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida Halilintar mengatakan, kegiatan sosialisasi ini untuk menciptakan lapangan kerja melalui perbaikan iklim investasi untuk mendukung perekonomian nasional, dalam perluasan kesempatan kerja melalui peningkatan investasi.

Ia menjelaskan, Perpres itu akan memberikan kemudahan dan penyederhanaan dalam pemberian izin visa tinggal terbatas dan izin tinggal terbatas kepada orang asing. “Khususnya yang ingin bekerja dan dalam rangka penanaman modal asing agar income per kapita negara meningkat,” sebutnya.

Baca Juga :   Kemenkumham Kalsel Ingatkan Kewenangan PPNS

Di lain pihak, Kepala Divisi Keimigrasian menyampaikan, Perpres Nomor 20 Tahun 2018 ini diterbitkan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di dunia investasi yang saat ini jauh pada harapan.

Sebab, saat ini Indonesia ada diposisi 72 dari 190 negara di antaranya Singapura, Malaysia, Vietnam dan Brunei Darussalam. Dari hal itu, realisaai dari Perpres ini telah terbit Peraturan Menaker dan Peraturan Menkumham yang pada intinya adalah sebagai penyederhanaan prosedur, dan percepatan pelayanan dan elektronisasi permohonan (e-government).

Pada sosialisasi ini dibagi dua sesi, sesi pertama diisi dengan pemaparan materi Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 oleh Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida Halilintar, kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu tanya jawab dan diskusi yang dipandu oleh moderator Kepala Bidang Lalintuskim Samiudin.

Syahbandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here