Jum. Apr 10th, 2020

Kejari Balangan Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Tahun 2019

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Kejaksaan Negeri Balangan melakukan pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (incraht) di halaman Kantor Kejari Balangan, Senin (17/2/2020).

Pemusnahan barang bukti tindak pidana periode tahun 2019 dari 50 perkara tersebut turut dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin serta jajaran Muspida dan tokoh agama.

Barang bukti berupa narkoba jenis sabu-sabu seberat 25,98 gram, obat daftar G dan W sebanyak 41.789 butir, HP, senjata tajam dan beberapa barang bukti lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar dan dipotong serta dihancurkan menggunakan blender.

Kajari Balangan Khaidir mengatakan, pemusnahan barang bukti ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kejari Balangan yang bertujuan untuk mengurangi penumpukan barang bukti.

“Barang bukti yang dimusnakahkan ini tentunya dari perkara yang sudah incraht, dan kebanyakan memang dari kasus narkotika dan obatan-obatan ilegal,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk kasus yang menonjol di Kabupaten Balangan ini ialah kasus narkotika terutama obat-obatan ilegal atau tanpa izin edar.

Ia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat bisa bersama-sama menekan tindak pidana, terutama penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang agar tercipta Balangan aman dan jauh dari narkoba.

Sementara itu, Bupai Balangan H Ansharuddin sangat mengapresiasi kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut. Ia berharap, masyarakat dan para penegak hukum terus saling bersinergi melakukan pengawasan tindak kejahatan.

“Kita harus sinergi dengan aparat penegak hukum untuk melakukan pengawasan. Kalau ada tindak pidana harus segera melaporkan ke aparat hukum,” kata Ansharuddin.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.