Kelompok Seni Meningkat, Taman Budaya Kalsel Padat

212

KabarKalimantan, Banjarmasin – Selain sebagai sarana pergelaran kesenian, Taman Budaya kalimantan Selatan yang terletak di Jalan H Hasan Basri, Kayutangi, Banjarmasin juga menjadi pilihan sejumlah kelompok seniman untuk melaksanakan berbagai kegiatan latihan kesenian.

Setiap hari, area tersebut hampir selalu sibuk dengan aktivitas sejumlah komunitas seni yang menggelar latihan bermacam kesenian. Tidak jarang terjadi antrean penggunaan tempat latihan, bahkan ada juga yang menggelar latihan sampai ke area gedung Sultan Suriansyah, yang bersebelahan dengan Taman Budaya Kalsel.

Seniman dan budayawan Kalsel YS Agus Suseno menilai hal tersebut menunjukkan perkembangan yang cukup pesat bagi pertumbuhan komunitas seni di Kalsel, Banjarmasin khususnya. Sayang, menurutnya hal tersebut belum diimbangi dengan ketersediaan fasilitas penunjang, seperti tempat latihan.

Menurut Agus, semestinya pemerintah daerah dapat lebih memerhatikan kondisi ini. “Setidaknya ada penambahan gedung atau tempat latihan di lingkungan taman budaya,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti menjelaskan, saat ini ada sejumlah tempat atau bangunan yang memang ditujukan untuk digunakan sebagai fasilitas menggelar latihan kesenian, seperti Bengkel Tari, Bengkel Teater, Bengkel Musik, dan Panggung Terbuka. Bahkan tidak hanya itu, menurutnya area seperti halaman-halaman yang ada di kawasan Taman Budaya Kalsel masih bisa digunakan tanpa prosedur yang rumit.

“Yang penting sama-sama menjaga,” kata Suharyanti.

M ALI NAFIAH NOOR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here