Keluhkan Penurunan Upah, PHL PTPN XIII Mogok Kerja

169

KabarKalimantan, Batulicin – Ratusan Pekerja Harian Lepas (PHL) penyadap karet di Perusahaan PTPN XIII Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu mogok kerja, Kamis (24/10/2019).

Koordinator PHL PTPN XIII Efdeling 1 Kamran mengatakan, pihaknya merasa keberatan dengan adanya surat edaran yang dikeluarkan perusahaan terkait upah yang diturunkan, dan uang premi yang juga dihapuskan tanpa ada kesepakatan bersama.

“Sebelumnya, standar upah sadap hasil karet yang telah ditetapkan senilai Rp 6.000/kilogram. Di surat edaran yang baru, upahnya turun menjadi Rp5.000/kilogram,” ungkap Kamran.

Kamran pun mengancam, pihaknya tidak akan kembali bekerja kalau pihak PTPN XIII tetap menurunkan upah penyadap tanpa memberi solusi.

Sementara itu, Katini yang sudah bekerja selama 13 tahun di PTPN XIII juga mengeluhkan hal serupa. Ia khawatir, tak dapat memenuhi biaya hidup sehari-hari jika upah sadap karen turun.

“Semoga pihak PTPN XIII dapat memahami dan bisa memberikan solusi yang terbaik kepada semua PHL yang ada di seluruh efdeling Karang Bintang ini,” harapnya.

Terpisah, Humas PTPN XIII Karang Bintang Gatot Siswadi mengatakan, terkait surat edaran yang ada itu, pihaknya hanya menjalankan perintah dari direksi kantor pusat di Pontianak, Kalbar.

“Kami juga masih menunggu hasil rapat pembahasan dari kantor pusat, terkait surat edaran yang dipermasalahkan para PHL. Mudah-mudahan, dalam dalam waktu dekat ada kejelasan dan solusi dari kantor pusat,” tandasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here