Kemajuan PDAM Kotabaru di Bawah Kepemimpinan Ipansyah

KabarKalimantan, Kotabaru – Menjelang akhir masa jabatannya, Direktur PDAM Kotabaru Ipansyah mengundang wartawan dalam acara jumpa pers, Rabu (23/1/2019).

Pada kesempatan itu, ia bercerita banyak tentang kinerja PDAM Kotabaru di bawah kepemimpinannya.

Ia membeberkan, selama rentang waktu 2015-2019 banyak kemajuan yang dialami PDAM Kotabaru, salah satunya ialah meningkatnya jumlah pelanggan PDAM tersebut.

“Pada 2015 pelanggan kami kurang lebih ada 12 ribu. Nah, sekarang sudah mencapai 19 ribu lebih. Itu artinya ada kenaikan sekitar 6%,” terangnya.

Tak hanya itu saja, lanjut Ipansyah, rencananya Februari mendatang pihaknya akan meluncurkan sebuah layanan berbasis online yang bekerjasama dengan Diskominfo Kotabaru.

“Pelayanan online tersebut akan memuat konten aduan pelanggan, pembayaran tagihan PDAM dan pengajuan pemasangan baru. Semuanya dapat diakses melalui smartphone,” jelasnya.

Untuk pembayaran, lanjut Ipansyah, saat ini PDAM Kotabaru telah bekerjasama dengan Bank Kalsel. Jadi, pembayarannya bisa melalui Bank Kalsel tanpa harus ke Kantor PDAM. “Rencanya, ke depan kami juga akan bekerjasama dengan Bank BRI,” tuturnya.

Dalam hal lain, tambah Ipansyah, pihaknya juga terus berupaya untuk menangani krisis air saat musim kemarau tiba.

Saat ini, lanjutnya, PDAM Kotabaru sudah memiliki dua embung, yaitu Embung Tirawan dan Embung Gunung Ulin. Namun, keduanya masih belum bisa menangani permasalahan air bersih saat musim kemarau jika berlangsung lama seperti yang terjadi pada 2014 lalu.

“Maka dari itu, pada 2019 ini kami merencanakan membangun dua embung lagi, yaitu Embung Gunung Mandin yang masih dalam tahap pembebasan lahan, dan Embung Perak yang sudah pembebasan lahannya sudah memasuki tahap kedua.

“Jika semuanya terwujud. Maka ada empat embung yang kami punya. Insya Allah, jika semuanya sudah berfungsi, maka permasalahan krisis air saat musim kemarau bisa teratasi,” paparnya.

Terakhir, ia mengungkapkan, selama tiga tahun ia menjabat sebagai direktur utama, PDAM Kotabaru juga berhasil meraih tiga kali Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Ardiansyah

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here