Rab. Mei 27th, 2020

Kembangkan RTH, Suguhkan Kenyamanan dan Ruang Sehat bagi Warga

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan terus berbenah melakukan pengembangan terhadap penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Bumi Sanggam.

Tepat pada 8 April 2020, Kabupaten Balangan telah berusia 17 tahun. Di usia yang beranjak dewasa itu, telah banyak terlihat pembangunan di segala aspek, baik dari segi infrastruktur, pendidikan, kesehatan hingga pertamanan untuk mempercantik wajah kota.

Tercatat, saat ini Kabupaten Balangan sudah memiliki beberapa RTH dengan status taman rekreasi, taman perkantoran, taman olahraga dan taman lingkungan komersil.

Ada tiga RTH yang berstatus taman rekreasi, yakni Taman Hijau Balangan, Taman Batumandi dan Taman Mantimin.

Sedangkan untuk taman kota meliputi RTH Sanggam, RTH Monumen Perjuangan, RTH PPKB, RTH Taman Sehati, RTH Tugu Durian Maritam, RTH Taman Kejaksaan, RTH Taman Palidangan, RTH Gula Habang dan RTH Perkim.

Baca Juga :   Bupati Balangan Serahkan Kunci Rumah Program Bedah Rumah kepada Warga Desa Murung Jambu

Kemudian untuk taman lingkungan komersil, ada RTH Pasar Modern. Dan, ada RTH Martasura yang berstatus taman olahraga

Pemkab Kabupaten Balangan sendiri bertekad akan terus mengembangkan sekaligus mempertahankan kawasan RTH untuk memberi kenyamanan sekaligus memberikan ruang sehat bagi warga Bumi Sanggam.

Di bawah kepemimpinan Bupati H Ansharuddin, Pemerintah Kabupaten Balangan akan terus melakukan penataan kota, termasuk pemenuhan RTH dengan menata beberapa wilayah kota untuk dijadikan RTH yang memperindah suasana kota.

Menurut Ansharuddin, melalui penataan kota tersebut, akan banyak tempat-tempat destinasi wisata bagi masyarakat. “Dengan adanya wahana rekreasi berupa taman ini, jadi masyarakat bisa menghabiskan waktu refreshing di dalam kota,” ucapnya.

Setelah ditata sedemikian rupa, Ansharuddin pun berharap keindahan taman tersebut dapat terpelihara. “Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk turut menjaga dan memelihara keberadaan sarana dan prasarana taman ini,” ujar bupati.

Baca Juga :   Anggaran APBD Perubahan 2018 Pemkab Balangan Keseluruhan Berimbang

Dijelaskannya, pembangunan taman tersebut merupakan salah satu kebijakan prioritas. Pasalnya, pembangunan tersebut merupakan antisipasi terhadap kebutuhan RTH yang dinilai semakin lama akan berkurang. Apalagi dengan kondisi pembangunan yang setiap tahunnya semakin meningkat.

“Kalau saat ini RTH kita masih memadai, dan akan ditambah setiap tahunnya. Ini semua untuk kenyamanan masyarakat menikmati udara segar sekaligus bisa berekreasi. Selain itu, keberadaan taman ini juga upaya mengurangi polusi udara. Sebab pada prinsipnya, semakin banyak taman maka udara yang kita hirup tentu tidak akan tercemar,” jelasnya.

Pemenuhan RTH ini, lanjut Bupati, juga untuk memenuhi sarana rekreasi bagi masyarakat. Saat ini, pihaknya juga masih fokus dengan pengembangan taman rekreasi yakni Taman Hijau Balangan dan Taman Batumandi. Bahkan, pemenuhan fasilitas tambahan juga terus dilakukan.

“Ini merupakan upaya kita untuk memberikan tempat rekreasi kepada masyarakat. Semakin banyak lokasi kan semakin bagus,” imbuhnya.(Lapsus Harjad Kabupaten Balangan ke-17)

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Baca Juga :   Kantor Pengadilan Negeri Balangan Segera Berdiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.