Kementan Tinjau Lahan Pertanian Suboptimal di Batola

285
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Pending Dadih, Bupati Batola Noormiliyani (dua dari kanan), dan Wabup Batola Rahmadian Noor (kanan) saat rapat membahas persiapan pertanian pertanian lahan suboptimal dan persiapan Hari Pangan Sedunia di Pendopo Bahalap, Jumat (5/1/2018). Istimewa

KabarKalimantan, Marabahan – Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia Ir. Pending Dadih, melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Jumat (5/1).

Pending Dadih datang didampingi oleh Institut Pertanian Bogor dan Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan. Rombongan sempat meninjau area persawahan Desa Sungai Rasau Kecamatan Cerbon.

Kepala Dinas Pertanian TPH Kabupaten Batola Zulkifli Yadi Noor, mengatakan ada rencana lokasi tersebut dijadikanlahan percontohan budidaya padi di lahan suboptimal sesuai program dari Kementerian Pertanian.

Selain meninjau lokasi lahan percontohan budidaya padi di lahan Suboptimal, kunjungan itu sekaligus persiapan peringatan Hari Pangan Sedunia pada Oktober 2018 yang akan dipusatkan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sebelum ke lapangan, rombongan tatap muka rapat persiapan Hari Pangan Sedunia dengan Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS, Wabup Batola Rahmadian Noor, dan pejabat SOPD teknis di Pendopo Bahalap, Kota Marabahan.

Noormiliyani merasa suatu kehormatan bagi Pemkab Batola atas kedatangan rombongan dari Kementan. “Mudah-mudahan ini merupakan suatu kesempatan bagi kami untuk menuju kesuksesan pertanian di Barito Kuala, kami berharap ini menjadi penguat bagi batola untuk tetap mengembangkan bidang pertanian,” ujar Noormiliyani.

Adapun Pending Dadih mengatakan Indonesia memiliki banyak lahan suboptimal yang selama ini belum difungsikan. Mengutip ucapan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Pending menuturkan Indonesia ibarat raksasa yang sedang tidur.

“Maksudnya raksasa disini yaitu lahan rawa, lebak, pasang surut dan kering yang selama ini tidur dan belum dioptimalkan,” ujarnya.

Camat Cerbon Khairani mengucapkan terimakasih kepada Dirjen PSP yang telah mempercayakan Kabupaten Barito Kuala khususnya Kecamatan Cerbon menjadi lokasi program.

DP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here