Kepala BNNP Kalsel: Instansi Pemerintah ‘Wajib’ Ketahui P4GN

2

KabarKalimantan, Banjarmasin – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan kembali menggelar diseminasi informasi melalui talkshow di Aula BNNP Kalsel, Senin (16/9/2019).

Ada sebanyak 50 pegawai Pemerintahan di Provinsi Kalsel yang berhadir dalam kegiatan diseminasi informasi yang dinarasumberi langsung oleh Kepala BNNP Kalsel Drs M Aris Purnomo, Kepala Bidang P2M BNNP Kalsel H Ipansyah serta Biro Hukum Setda Provinsi Kalsel Dr M Zia Ul Haq.

Diseminasi infomasi melalui talkshow ini bertujuan untuk menyebarkan informasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama para pegawai di instansi pemerintahan di Bumi Lambung Mangkurat.

Kepala BNNP Kalsel M Aris Purnomo mengatakan, saat ini Indonesia sudah darurat Narkoba, termasuk Kalimantan Selatan yang pada 2017 lalu menduduki peringkat keenam nasional dengan kasus penyalahgunaan narkoba terbanyak.

Atas dasar itu, lanjut Aris, instansi pemerintah wajib mengetahui apa itu P4GN, mengingat Presiden RI Joko Widodo sudah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN.

Baca Juga :   Narkoba, Ancaman Nyata bagi Generasi Muda Banua

“Tak hanya itu, instansi pemerintah juga wajib melakukan kegiatan dan melaporan kegiatannya sesuai yang tertuang dalam Inpres 06/2018 minimal 4 kegiatan, yaitu sosialisasi, pembentukan Satgas/Relawan, pembentukan regulasi, dan melakukan tes urine,” paparnya.

Masih dalam kegiatan diseminasi informasi tersebut, Kepala Bidang P2M BNNP Kalsel H Ipansyah juga memaparkan tentang permasalahan dan bahaya narkoba di lingkungan pekerja, serta mengevaluasi progres instansi pemerintah dalam Inpres 06/2018.

Sementara Dr M Zia Ul Haq yang mengisi materi terkait peran aktif instansi pemerintah dalam upaya P4GN menjelaskan bagaimana proses terbentuknya produk hukum, serta mengupas perundang-undangan yang terkait dengan P4GN.

Reporter: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here