Ming. Feb 28th, 2021

Kesbangpol Kalsel Ajak Pemilih Pemula Berpartisipasi

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan ajak 500 pelajar di Kota Banjarmasin ikut serta dalam Sosialisasi Pemilu bagi Pemilih Pemula di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (14/3/2019).

Dari data KPU, pemilih pemula ada sekitar 7 juta jiwa dari total pemilih yang mencapai 196,5 juta jiwa. Dan di Provinsi Kalimantan Selatan untuk pemilih pemulanya ada sekitar 100 ribu orang.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan, sudah menjadi tugas bersama mendorong semua lapisan masyarakat, termasuk pemilih pemula yang sudah memiliki hak pilih untuk berpartisipasi pada Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang.

“Jadi, sosialisasi pemilu sekarang ini, harus gencar dilaksanakan hingga ke level paling bawah untuk meningkatkan jumlah suara, terutama di kalangan pemilih pemula,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Menurutnya, pemilih pemula jangan sampai malah bersikap apatis terhadap politik atau malas datang ke TPS, karena kebingungan dalam menentukan pilihannya. “Bagi pemilih pemula, karena ini pesta demokrasi, mari kita beramai-ramai datang ke TPS, karena dari satu suara Anda sangat berharga sekali bagi bangsa ini,” ucap Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga mengingatkan agar para pemilih pemula yang merupakan para pemuda generasi millenial turut menangkal berita-berita atau isu-isu hoax serta ujaran-ujaran kebencian yang dapat menimbulkan keresahan dan permusuhan.

“Alangkah bagusnya jika generasi muda sebagai pelopor menangkal hoax. Ini harus kita jaga, demi terciptanya kedamaian, ketertiban dan kita benar-benar berpesta Demokrasi pada 17 April 2019 nanti,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, Adi Santoso mengatakan, 500 pelajar yang ikut sosialisasi ini sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pemula. “Dalam ketentuan undang-undang pemilu, anak berusia 17 tahun ke atas sudah memenuhi syarat untuk menjadi pemilih pemula,” katanya.

Adi menuturkan, sosialisasi ini bertujuan membantu pemerintah dalam menyosialisasikan pelaksanaan pemilu 2019 kepada pemilih, serta memberikan edukasi berupa pendidikan politik praktis kepada generasi milenial di Kalimantan Selatan.

“Partisipasi pemilih pemula dalam pemilu masih rendah, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini mereka menjadi antusias ikut serta dalam pemilu serentak tahun ini,” ucap mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel ini.

Sementara itu, pemerintah pusat sudah mematok target tingkat partisipasi pemilih pemula sebesar 76 persen. “Semoga dengan adanya sosialisasi ini, di Kalimantan Selatan bisa melampaui target nasional, yakni diatas 76 persen,” pungkas Adi.

 

Reporter : Syahri Ramadhan

Editor : Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab : M Ridha

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.