Ketua dan Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Kunjungi Warga Kebakaran Alalak Selatan

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sehari pasca pelantikan, Ketua DPRD Banjarmasin sementara Harry Wijaya dan Wakil Ketua M Yamin kunjungi korban kebakaran di Jalan Alalak Selatan RT 5 Kecamatan Banjarmasin Utara, Senin (10/9/2019).

Dua pimpinan sementara DPRD Banjarmasin ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada panitia di posko dapur umum bantuan korban kebakaran Alalak Selatan.

“Kami sedikit memberi bantuan untuk meringankan beban warga,” ujar Harry Wijaya.

Harry berharap, ke depan, tidak hanya sembako, bantuan berupa bahan bangunan juga dapat dipenuhi Pemkot Banjarmasin. Karena menurutnya, bahan banguan itu sangat dibutuhkan warga Alalak saat ini.

“Jadi apa yang dibutuhkan mereka, itu yang akan kami perjuangkan ke pemerintah,” kata Harry.

Politikus Partai Amanat Nasional ini menginginkan, upaya penanggulangan bencana, melalui penyuluhan atau sosialisasi terkait kebakaran di lingkungan pemukiman yang padat penduduk lebih gencar dilakukan.

Pentingnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bahaya kebakaran ujar Harry sangat penting. Sehingga warga dapat menegtahui apa yang dilakukan jika terjadi kebakaran di lingkungan masing-masing.

“Setidaknya mereka mengatahui dan dapat membantu memadamkan api kecil sebelum menjalar lebih luas,” katanya.

Sementara itu, M Yami pun merasa prihatin. Kebakaran yang telah menghanguskan lebih dari 70 bangunan itu, memang tergolong besar di Banjarmasin.

Dirinya pun berharap, warga yang menjadi korban kebakaran, tetap tabah dan tegar dalam menghadapi cobaan tersebut. ” Semoga semua warga kembali dapat memulai hidup yang lebih baik lagi dan Insya Allah korban ditambah rezeki yang berlimpah,” ucap M Yamin.

Ditempat yang sama, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina usai mengunjungi korban kebakaran Alalak mengatakan, pemerintah sudah melakukan upaya penuh. Anggaran pun akan dikucurkan untuk meringankan beban warga pasca kebakaran tersebut.

“Anggaran rutin sebesar Rp 2 juta tiap rumah Insya Allah dapat diberikan, termasuk perbaikan jaringan listrik dan pipa air,” kata Ibnu.

Selain bantuan itu, pemerintah kota melalui Dinas Sosial ujarnya, juga tengah melakukan kajian, agar penggunaan anggaran tidak terduga dari pos APBD juga dapat segera dikucurkan.

“Kalau memang masuk kategori bencana, ini bisa menggunakan anggaran itu. Nanti Dinsos juga akan mengusulkan ke Kementerian, agar  bantuan untuk bahan bangunan berupa uang, juga didapatkan untuk mereka,” beber Ibnu.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here