Ketua DPRD Kotabaru Tinjau Waduk Tirawan

KabarKalimantan, Kotabaru – Ketua DPRD Kotabaru Syairi Muhklis didampingi anggota DPRD lainnya meninjau Waduk Tirawan, Kamis (12/9/2019). Hal itu dilakukan untuk melihat debit air pada waduk saat musim kemarau.

Syairi pun serius memikirkan cara untuk mengatasi krisis air lantaran air Waduk Tirawan yang semakin sedikit.

Menurutnya, ada dua hal yang perlu dilakukan agar ketersediaan air bersih di Kotabaru tetap aman saat musim kemarau.

Pertama, ujarnya, ialah dengan mendistribusikan air kepada masyarakat dengan menggunakan mobil tangki. Kemudian kedua, pihaknya akan mencari sumber mata air yang debitnya sangat besar.

“Menurut informasi yang kami terima, air Terjun Saratak di Kecamatan Pulau Laut Timur dan di wilayah Gunung Perak di Desa Baharu Selatan, Kecamatan Pulau Laut Utara mempunyai debit air yang sangat banyak,” ujarnya.

Mengenai akan dimanfaatkannya dua titik sumber mata air tersebut, lanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar. “Ya, Pak Bupati setuju agar di dua titik mata air tersebut dibuatkan waduk, sehingga airnya dapat dialirkan ke masyarakat,” katanya.

Selain itu, tambahnya, Air Terjun Saratak juga akan dimanfaatkan untuk mengairi persawahan agar di setiap musim kemarau tetap dapat melalukan penanaman padi. “Terkait hal ini, pihak provinsi juga menyatakan siap membantu,” jelasnya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here