Ketua DPRD Tanbu Minta DLHD Telusuri Penyebab Pencemaran Limbah di Sungai Satui

96

KabarKalimantan, Batulicin – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu H Supiansyah ZA meminta Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Tanbu secepatnya turun ke lapangan untuk mengecek pencemaran limbah di Sungai Satui.

“Kami masih belum bisa menindaklanjuti, karena masih menunggu hasil investigasi dan laporan pihak DLH,” ujar Supiansyah kepada Redkal.com, Kamis (17/10/2019).

Kalau memang pencemaran tersebut akibat limbah perusahaan batu bara atau kelapa sawit, lanjut Supiansyah, maka pihaknya akan memanggil pimpinan perusahaan tersebut. “Jika terbukti, pihak perusahaan harus bertanggungjawab,” tegasnya.

Menurut pengalamannya, beber Supiansyah, beberapa tahun lalu hal serupa pernah terjadi di daerah Sungai Kusan. Air di Sungai Kusan tercemar akibat tanggul penampungan limbah perusahaan di wilayah itu jebol. Dan, pihak perusahaan langsung memperbaikinya.

Yang jadi pertanyaan, lanjut Supiansyah, apakah tercemarnya air di Sungai Satui itu akibat hal serupa dengan yang terjadi di Sungai Kusan. “Jika memang demikian, maka kami akan meminta perusahaan tersebut segera memperbaikinya. Karena hal ini berdampak besar bagi warga yang tinggal di bantaran sungai itu,” tandasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here