Ketua PWI Kalsel : Jadilah Wartawan Profesional yang Menjunjung Tinggi Kode Etik Jurnalistik

233

KabarKalimantan, Batulicin – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan Ir Zainal Helmie melantik pengurus PWI Kabupaten Tanah Bumbu masa bakti 2018-2021, di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Kamis (28/6).

Pelantikan pengurus PWI sekaligus pelantikan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Tanah Bumbu tersebut dihadiri pula Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, Polres Tanah Bumbu, Kodim 1022 Tanah Bumbu, SKPD Lingkup Pemkab Tanah Bumbu, Ormas serta tokoh agama setempat.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Provinsi Kalimantan Selatan Ir Zainal Helmie berharap, pengurus PWI Tanah Bumbu yang barus saja dilantik bisa melaksanakan tugas jurnalistik secara profesional.

“Mengingat saat ini banyak media sosial yang menulis berita tanpa fakta, maka saya harapkan pengurus yang baru ini bisa menjadi wartawan yang profesional dan tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,” ucap pria yang akrab disapa Helmie ini.

Baca Juga :   Zainal Helmie Lantik Pengurus PWI Tanah Bumbu

Ia mengingatkan, adanya berita bohong atau hoax yang disebar di media sosial, hendaknya jangan ditanggapi dengan serius. Sebab, penyebar berita bohong itu bermaksud untuk mengadu domba dan memecah belah masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor mengucapkan terimakasih atas sinergitas PWI Tanah Bumbu maupun PWI Kalsel yang terus mendukung program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Tanbu.

Senada dengan Zainal Helmie, Sudian Noor mengakui, berita yang beredar di media sosial yang disebarkan sumber tak jelas memang sangat merugikan pemerintah daerah.

Beberapa waktu lalu, tambah Sudian Noor, di beberapa media sosial tersebar berita Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu seakan tak memperdulikan dan tak memperbaiki adanya salah satu jembatan yang roboh di wilayah Bumi Bersujud tersebut. Padahal, pihak Pemda setempat langsung turun tangan melakukan perbaikan. “Penyebar berita di media sosial yang tak diketahui sumbernya itu sangat membahayakan. Karena informasinya tak akurat dan bisa saja menyesatkan,” jelas Sudian Noor.

Baca Juga :   Jaring Atlet Berbakat di Ajang PWI Tanah Bumbu Futsal Cup 2019

Hal itu tentunya, lanjut Sudian Noor, menjadi pelajaran berharga. Ia berpesan agar menggunakan media sosial dengan bijak. “Bermedia sosialah dengan baik dan benar. Dengan demikian, bisa menciptakan suasana kondusif di masyarakat,” pungkasnya.

Slamet Riadi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here