Kam. Jul 2nd, 2020

Ketua Umum KONI Pusat Dukung Kalsel Jadi Tuan Rumah PON 2024

2 min read

BANJARMASIN, KK – Kalsel dinilai sudah punya modal yang cukup untuk melaksanakan sebuah even olahraga akbar. Selain sudah menunjukkan grafik yang bagus secara prestasi, banyaknya dukungan dari pemerintah dan swasta membuat provinsi ini mapan secara finansial untuk melaksanakan PON.

Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen (Purnwn) Tono Suratman mendukung penuh pencalonan Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai tuan rumah PON XXI 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Tono saat Menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus KONI Kalsel di Aula Mahligai Pancasila, Selasa (23/5).

“Kalsel punya potensi untuk menjadi tuan rumah, dilihat dari prestasi atlet daerah ini yang terus mengalami peningkatan,” kata Tono usai acara pelantikan.

Namun, untuk menjadi tuan rumah PON, semua pihak menurutnya harus bersama-sama bekerja dengan kreatifitas, sinergi serta semangat yang kuat. sejauh ini, Kalsel dinilai sudah dimiliki Gubernur yang sangat pemprioritaskan Olahraga.

Selain itu, dalam kurun enam tahun kedepan Kalsel menurutnya juga harus memperbaiki sarana dan prasarana olahraganya, karena selain Kalsel ada Aceh yang juga gencar ingin menjadi tuan rumah.

“Kita lihat Kalsel layak dan pantas menjadi tuan rumah, tingga ikuti prosedur pencalonan sebagai tuan rumah,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Tono juga menyampaikan rasa kagum terhadap Provinsi ini. Dirinya menilai, dengan dukungan 32 dewan penyantun serta ditambah pembiayaan yang bersumber dari dana APBD, dirasa tak mustahil Kalsel menjadi tuan rumah PON setelah Papua.

“Dengan dukungan dewan penyantun yang cukup banyak, menuju tuan rumah PON untuk Kalsel dirasa tak masalah. Enam tahun persiapan pun sudah bisa rampung. Karena kalau dihitung-hitung, Rp 200 miliar bisa dikumpulkan daerah ini selama enam tahun. belum lagi ditambah APBD, dirasa persiapan akan sangat matang,” paparnya.

Namun, hal itu harus terlebih dahulu didukung dengan sarana dan prasarana memadai, dan bagi Kalsel, rencana pembangunan sportcentre dinilai langkah bijak untuk pembinaan jangka panjang serta persiapan menuju PON 2024.

“Maka dari itu pemda dan KONI perlu bersinergi, dan memiliki semangat untuk mencapai tujuan, karena kita dari KONI Pusat akan melihat keseriusan sebuah daerah untuk menjadi tuan rumah, dan kita sangat mendukung upaya Kalsel kali ini,” katanya.

Hal ini dinilai positif mengingat adanya kemauan dari pemerintah daerah. Karena kalau event olahraga prestasi di gelar di Kalsel, setidaknya bisa mengatasi generasi bangsa ke arah narkoba, radikalisme, serta intoleransi. mud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.