Rab. Mei 27th, 2020

Komisi III DPRD Balangan Tinjau Kerusakan Jalan dan Jembatan

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) boleh saja merebak di mana-mana, namun wakil rakyat DPRD Balangan tetap melakukan tugasnya seperti biasa, termasuk menindaklanjuti aspirasi warga.

Menyikapi laporan masyarakat terkait rusaknya jalan dan jembatan di beberapa kecamatan, DPRD Balangan melalui Komisi III melakukan pemantauan langsung ke lapangan.

Tak tanggung-tanggung, dua lokasi sekaligus langsung didatangi wakil rakyat Bumi Sanggam pada Kamis (9/4/2020) tersebut, yakni Desa Liyu, Kecamatan Halong yang dilaporkan ada kerusakan jalan akibat longsor, dan Desa Mantang Hanau, Kecamatan Lampihong yang dalam laporan masyarakat ada kerusakan jembatan.

“Jalan ini longsor sejak akhir 2019 kemarin. Pondasi jalannya terkikis akibat air banjir. Kami pun sudah menyampaikan proposal pengajuan perbaikan, mudah-mudahan segera diperbaiki,” ungkap Acun, tokoh masyarakat Desa Liyu saat menyambut kedatangan anggota Komisi III DPRD Balangan.

Baca Juga :   DPRD Balangan Dengarkan Laporan Akhir APBD-P 2018

Beranjak dari Kecamatan Halong, Komisi III DPRD Kabupaten Balangan lanjut menuju Desa Matang Hanau untuk meninjau kondisi jembatan yang rusak menindaklanjuti laporan masyarakat beberapa waktu lalu.

Kunjungan itu dilakukan dengan melibatkan aparat pemerintahan desa dan tokoh masyarakat setempat. Tujuannya jelas, informasi yang didapat benar-benar valid terkait kondisi jembatan dan hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintahan desa.

Dalam diskusi singkat, kepala desa setempat mengatakan kerusakan jembatan tersebut sudah berlangsung lama. Akibatnya, masyarakat mengeluhkan sulitnya kendaraan roda dua dan roda empat melintasi jembatan tersebut.

Pemerintahan desa yang memfasilitasi komunikasi dengan pemerintah derah mempunyai kendala dalam pengajuan proposal perbaikan tersebut. Sebab, warga pemilik tanah di sekitar jembatan tidak mau menjual tanahnya.

“Masyarakat tentu berharap agar jembatan ini secepatnya diperbaiki,” kata Kepala Desa Matang Hanau, Rustam Effendi.

Baca Juga :   DPRD Balangan Sempurnakan Raperda Adat Dayak

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Balangan Elly Satrina menilai, kerusakan jalan di Desa Liyu dan kerusakan jembatan di Desa Matang Hanau itu memang sudah seharusnya segera di perbaiki. Sebab kalau tidak, maka akses desa tersebut akan terputus.

“Hal ini akan kami sampaikan dalam rapat kerja baik di internal dewan maupun dengan pihak pemerintah daerah agar memprioritaskan perbaikan ini,” janjinya.

Elly juga mengharapkan agar partisipasi masyarakat lebih ditingkatkan dalam merawat fasilitas umum yang ada, seperti adanya gotong royong warga membersihkan lingkungan sekitar jembatan atau fasilitas-fasilitas publik lainnya.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.