Kam. Mar 4th, 2021

Komitmen Bersama Dukung Revolusi Hijau, Gapoktanhut dan IUIPHHK Tandatangani MoU Bahan Baku Industri

2 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Gabungan Kelompok Tani Hutan (GAPOKTANHUT) se-Kalsel melakukan kerjasama penyediaan bahan baku industri dengan berbagai perusahaan yang memegang Izin Usaha Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IUIPHHK) di Halaman Kantor Dinas Kehutanan Kalsel, Banjarbaru, Selasa (29/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan mengatakan, penandatanganan Mou bukan hanya komitmen di atas kertas saja. “Tetapi dapat diterapkan dan dilaksanakan dengan komitmen yang kuat sehingga dapat memberi manfaat kepada semua pihak,” kata Rudy.

Ia menuturkan, Pemprov Kalsel telah melaksanakan program Revolusi Hijau dan berdasarkan data jumlah lahan kritis di Kalsel sebanyak 511 ribu hektar dari 1,7 juta kawasan hutan lindung.

“Melalui program revolusi hijau, Pemprov Kalsel mengajak semua elemen di masyarakat untuk turut menyukseskan dengan cara menanam pohon di lingkungannya. Lahan kritis tak bisa dibiarkan bertambah karena berdampak bagi kualitas hidup generasi mendatang,” ucap Rudy.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Fatimatuzzahra mengatakan, kerjasama bahan baku antara Gapoktanhut dan perusahaan merupakan salah satu upaya mendukung program revolusi hijau di Kalsel.

“Sesuai dengan amanat Permen, kerjasama bahan baku Gapoktanhut dengan perusahaan ini salah satu bagian program revolusi hijau untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat di kawasan hutan,” katanya.

Ia menuturkan, hari ini dilepas secara perdana pengiriman kayu sengon sebanyak 40 meter kubik yang diangkut 5 buah truk. “Kayu sengon ini hasil budidaya berasal dari Gapoktanhut Sengayam Sejahtera ke PT Sukses Wijaya Adimakmur,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya Mou ini masyarakat yang menanam pohon sengon agar terus semangat. “Karena apa yang saat ini mereka tanam bukan kesia-siaan,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.