Jum. Feb 21st, 2020

Kondisi Nelayan Sungai Danau Semakin Memprihatinkan, Pencemaran Limbah Tambang Batubara Jadi Penyebabnya?

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Kehidupan masyarakat nelayan di Kecamatan Satui saat ini semakin memprihatinkan. Mereka tak bisa lagi mencari ikan di sungai seperti pada hari- hari biasanya lantaran DAS Satui tercemar limbah tambang batubara.

Salah satu nelayan Satui, Jakir (50) mengatakan, sudah berbulan-bulan dia tidak bisa mencari nafkah di Sungai Satui itu. Namun, hingga saat ini belum ada penanganan yang jelas dari pihak terkait.

“Padahal kami dari kelompok nelayan sudah pernah melayangkan surat kepada instansi terkait. Tapi belum juga ada tanggapan,” ujarnya kepada Redkal.com, Senin (3/2/2020).

Ia pun berharap, pencemaran limbah tambang batubara tersebut segera ditangani. “Kalau terus menerus dibiarkan seperti saat ini, kami tak bisa mencari ikan, dan jelas tidak punya penghasilan,” katanya.

Sementata itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu Rahmat Prapto Udoyo mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali turun ke lapangan untuk mengecek langsung keadaan air Sungai Satui yang diduga terdampak limbah tambang batubara itu.

Baca Juga :   Lepas Jabatan sebagai Bupati, Mardani Incar Kursi DPR RI

“Memang, kalau sumber air sungai yang mengalir dari hulu tambang batubara yang ada di daerah perbatasan Sungai Cuka, Pelaihari itu PH-nya masih di angka 4, namun air sungai yang berada di daerah pemukiman hilir warga Sungai Danau PH-nya sudah 7. Berbeda dengan pencemaran yang terjadi dulu mencapai 2,” jelasnya.

Rahmat menambahkan, pihaknya sudah melayangkan surat ke Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalsel, namun hingga saat ini belum ada juga balasan. “Kami masih menunggu dulu jawaban dari instansi yang berwenang,” terangnya.

Terpisah, Ketua DPRD Tanbu H Supiansyah ZA menegaskan, pihak legislatif selama ini tidak tinggal diam terkait masalah pencemaran limbah batubara yang ada di Sungai Satui tersebut.

“Rencananya, pertengahan Februari ini kami akan melakukan rapat bersama pihak Polres, Kejaksaan dan DLH agar instansi masing-masing segera mengirim surat kepada institusi dan pihak vertikalnya masing-masing,” pungkasnya.

Baca Juga :   Haris Fadillah Lengkapi Kuota Anggota DPRD Tanbu

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.