Konflik Antar Suporter Sepakbola Indonesia Bisa Diakhiri Jika Lakukan Hal Ini

459

KabarKalimantan, – Penyidik TK II Roswassidik Bareskrim Polri Kombes Pol Andry Wibowo dalam disertasinya menyebut ada tiga poin ampuh untuk menyudahi konflik menahun antarsuporter sepakbola di Indonesia. Andry Wibowo menilai, andai ketiga hal ini bisa dilakukan, maka tidak akan ada lagi gesekan antarsuporter.

Hal itu diungkapkan Kombes Pol Andry Wibowo dalam sidang promosi Doktor Ilmu Kepolisian yang diambilnya. Disertasi tersebut berjudul “Perpolisian Kerumunan pada Pertandingan Sepak Bola di Indonesia. Studi Kasus: Konflik Viking (Suporter Persib) dan Jakmania (Suporter Persija)”.

Tema tersebut sengaja diambil Andry karena berdasarkan kecemasan masyarakat ketika kedua klub tersebut bertanding. Mantan Kapolres Jakarta Timur itu mengatakan harus adanya perubahan politik keamanan secara luas, pembinaan komunitas, dan pematenan database penduduk untuk menghentikan konflik antarsuporter di masa depan.

“Penelitian ini kan hanya model bagaimana pihak kepolisian menghadapi kerumunan. Pertamanya, harus ada perubahan politik keamanan secara luas. Sejauh mana penyelenggara bertanggung jawab terhadap kegiatan yang mendatangkan orang banyak. Jangan kemudian diserahkan kepada polisi saja. Kedua, bagaimana pembinaan terhadap komunitas-komunitas dalam konteks ini penggemar sepak bola,” kata Andry dikutip dari Bola.com, Kamis(28/6).

Baca Juga :   Misi Barito Putera ke Jalur Kemenangan

“Ketiga, tentunya kita memerlukan sebuah database yang diharapkan dari pendataan penduduk. Saya kira harus ada perubahan politik hukum dari urusan pendataan penduduk kita. Contohnya dari mulai bayi saja sih sudah harus dapat KTP. Sehingga kemudian dengan adanya database ini nanti pola tiket, pola tempat duduk, berdasarkan data personalnya,” tegas Andry Wibowo.

Persija Jakarta akan menghadapi Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2018. Laga ini kemungkinan besar bakal berlangsung dengan aman karena digelar di Stadion PTIK, Jakarta, dengan jumlah penonton yang terbatas.(blc)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here