Kotabaru akan Laksanakan Isbat Nikah

30

Kabar Kalimantan, Kotabaru – Pemerintah Daerah Kotabaru Akan melaksanakan isbat nikah di wilayah kabupaten Kotabaru pada 2020 nanti.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kotabaru Drs H Said Akhmad MM. Didampingi Asisten 1 Bidang Pemerintahan Daerah Kotabaru Ir H Hasmi M Tawab SH MM, ia mengatakan, kegiatan isbat nikah nantinya akan dilaksanakan pihaknya dengan Pengadilan Agama Kotabaru.

Adapun tujuannya adalah agar masyarakat Kotabaru yang sudah menikah tapi hanya menikah siri saja dapat mempunyai surat nikah yang resmi dari Pengadilan Agama Kotabaru.

“Untuk pelaksanaannya sendiri nanti, saya akan meminta Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Daerah Kotabaru untuk melakukan koordinasi dengan Pengadilan Agama Kotabaru. Untuk pendanaannya sendiri akan kita anggarkan di APBD Kotabaru tahun 2020 nanti,” kata H Said Akhmad.

Ia menjelaskan, setiap pasangan yang mau menikah tidak perlu mengeluarkan biaya pernikahannya. Itu akan ditanggung Daerah.

Baca Juga :   Penetapan Batas Kotabaru-Banjar Tuntas

“Namun pelaksanaannya pun akan kita laksanakan secara bertahap,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan Drs Syarif Usman SH MH mengatakan, kegiatan isbat nikah ini sebenarnya sudah pernah dilaksanakan di kabupaten lain di wilayah Kalimantan Selatan.

“Apalagi kami sudah melakukan MoU dengan Gubernur dan Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan Provinsi Kalimantan Selatan. Jadi kami sudah memiliki payung hukum untuk melaksanakan kegiatan isbat nikah tersebut,” kata Syarif Usman.

Tidak hanya membahas tentang pelaksanaan isbat nikah, Ketua Pengadilan Agama Provinsi Kalimantan Selatan dan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru menyerahkan sertifikat hibah kepada Sekretaris Daerah Kotabaru. Sebaliknya, Sekretaris Daerah Kotabaru juga menyerahkan sertefikat hibah yang diterima langsung Ketua Pengadilan Agama Provinsi Kalimantan Selatan.

Reporter : Ardiansyah
Editor : Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here