Sel. Jan 19th, 2021

Kotabaru Ditetapkan Jadi Pelabuhan Pengumpul dan Pengumpan Regional

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan ditetapkan menjadi salah satu pelabuhan pengumpul dan pengumpan regional dari pemerintah pusat. Hal itu sesuai dalam peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2020 yang diundangkan pada 27 Juli 2020 lalu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru H Akhmad Rivai menilai, penetapan pelabuhan di Kabupaten Kotabaru yakni Pelabuhan Stagen sebagai pelabuhan pengumpul dan pengumpan regional itu sangat efektif dan efesien.

Apalagi, menurutnya, keebijakan tersebut bertujuan untuk mewujudkan jaringan prasarana dan sarana laut yang efektif dan efisien, meliputi penataan peran pelabuhan laut dalam mendorong pengembangan wilayah pesisir, dan pusat pertumbuhan kelautan dengan strategi meningkatkan status pelabuhan.

“Ini akan mendukung distribusi pengembangan sentra produksi dan pengolahan sumber daya kelautan di sekitar kawasan, dan meningkatkan konektivitas dan intensitas kegiatan pelabuhan umum melalui pemanfaatan jalur pelayaran internasional, nasional, dan regional,” katanya, Kamis (7/1/2021).

Selain itu, lanjutnya, ini juga strategi untuk penataan peran pelabuhan perikanan untuk mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah di Selat Makassar, yang dilaksanakan dengan meningkatkan peran dan keterkaitan pelabuhan perikanan sebagai simpul distribusi dan simpul pemasaran dalam pengembangan sentra-sentra produksi perikanan serta pengolahan hasil perikanan di sekitar kawasan pelabuhan perikanan.

“Ini juga merupakan strategi untuk peningkatan peran pelabuhan perikanan, untuk optimalisasi usaha perikanan tangkap dilaksanakan dengan menata sebaran, hierarkhi, dan peran pelabuhan perikanan dalam mengoptimalkan jangkauan dan hasil pemanfaatan sumber daya ikan,” ujarnya.

Sementara sistem jaringan prasarana dan sarana laut yang merupakan rencana struktur ruang laut rencana zonasi kawasan antar wilayah Selat Makassar meliputi tatanan kepelabuhanan nasional mencakup pelabuhan utama, pelabuhan pengumpul, dan pelabuhan pengumpan.

“Itu juga mencakup tatanan ke pelabuhanan perikanan dengan arah pengembangan pelabuhan perikanan untuk penyediaan layanan dasar, untuk penumbuhan ekonomi jejaring, dan untuk penumbuhan ekonomi industri, di mana tahapan penumbuhan ekonomi jejaring untuk Kabupaten Kotabaru yaitu Pelabuhan Perikanan Kotabaru,” ucapnya.

Adapun pelabuhan pengumpul di Kabupaten Kotabaru meliputi Pelabuhan Sebuku dan Pelabuhan Kotabaru, sedangkan untuk Pelabuhan Pengumpan Regional meliputi Pelabuhan Serongga dan Pelabuhan Tanjung Batu.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.